IGI  BERBASIS IT “MEMBACA DENGAN TELINGA MENULIS DENGAN MULUT”

1
660

TONI KAMARUDIN 

Guru SDN 17 Sungai Raya, Kab Kubu Raya

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Kalbar mengadakan Kegiatan Pelatihan Training Of Coach (TOC) untuk melahirkan sebanyak-banyak nya para pelatih yang harus siap mengembangkan dan melatih para guru-guru diwilayah nya. Dengan peserta terpilih dari berbagai Kabupaten ini semoga para coach bisa menelurkan para ahli dalam pengembangan kompetensi berbasis IT.

 Peserta di wilayah Kalimantan Barat terpilih di beri kesempatan untuk ikut dalam pelatihan Training Of Coach (TOC) literasi Produktif Berbasis IT ini  dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 20 Desember 2016. Bertempat di gedung service center Samsung Pontianak.

Disaat liburan sekolah, dimana pada umumnya para guru sedang liburan, bersuka ria, bergembira dan merefreskan pikiran bersama  keluarga, sebaliknya tidak dengan peserta terpilih ini  dimana rela mengorbankan waktu, biaya dan tenaga serta pikiran untuk belajar dengan sungguh utuk mengembangkan diri. Tidak tanggung-tanggung ada yang dari daerah terjauh dari ibukota Kalimantan Barat (Pontianak) untuk kemudian belajar dengan sungguh-sungguh dan bergabung dengan kabupaten lain untuk berbagi ilmu untuk meningkatkan potensi masing-masing.

Dengan didatangkannya narasumber pelatihan ini dari IGI pusat dan dari Samsung peserta diberi ilmu baru yaitu yang terhormat Bapak Abdul Karim yang ahli dalam bidang Master Komik untuk Pembelajaran dan pembuatan soal berbasis power point seta pembuatan soal berbasis lectoral. Dengan bahasa yang mudah di mengerti semakin membuat para peserta antusias walaupun  tidak menutup kemungkinan ada juga peserta yang masih sedikit kurang mengerti.

Tidak kalah pentingnya materi yang suguhkan oleh narasumber dari Samsung yang mengenalkan produknya dimana untuk memudahkan atau membuat para peserta (guru) semakin efektif dan efesien dalam pola belajar mengajar dengan memperkenal kan teknologi dari Samsung yaitu TAB A8 dengan Voice to Text akan membuat memudahkan guru membuat tulisan, karena cukup dengan berbicara, tulisannya jadi. Dengan Write To Text akan membuat memudahkan guru menulis dengan PEN yang hanya tersedia di Samsung Tab A8 ini. Serta ditambah dengan aplikasi-aplikasi yang mumpuni dan kecanggihannya merepleksikan kemduahan pemakainnya. Yang lebih keren dikenal dengan SAGUSATAB (semoga cepat terwujud)

Akhir dari pelatihan Peserta dinyatakan lulus apabila sudah mengumpulkan tugas menulis tentang kegiatan yang telah di dapat untuk mendapatkan sertifikat.

Semoga dengan kegiatan seperti ini bisa mengubah pola pikir baru bagi peserta yang ikut pelatihan di kemudian hari sehingga dunia pendidikan di Indonesia semakin meningkat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan TOC nasional IGI berkerja sama dengan Samsung.

Terima kasih

 

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here