DISDIKPORA DAN IGI KOTA LHOKSEUMAWE GELAR WORKSHOP LITERASI SEKOLAH

0
670

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe mengadakan workshop literasi sekolah. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (23/11) di aula SMKN 2 Lhokseumawe. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah konsultan literasi nasional Kemdikbud yang juga Ketum IGI periode 2008 – 2015, Satria Dharma. Turut dihadiri oleh Kadisdikpora Kota Lhokseumawe, Drs. Rusli, MM, anggota Komisi D DPRK Lhokseumawe, Dicky Saputra, Kakankemenag Kota Lhokseumawe, unsur pengawas Dikmen dan Dikdasmen serta seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Lhokseumawe.

Kadisdikpora Kota Lhokseumawe saat membuka acara tersebut meminta agar seluruh sekolah menjaigi-lhok2lankan kegiatan literasi di sekolah masing-masing. Beliau meminta kepada narasumber agar memberikan pemahaman dan kiat-kiat agar gerakan literasi sekolah dapat berjalan sukses di Kota Lhokseumawe. Meskipun beberapa sekolah sudah menjalankan kegiatan literasi, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah untuk pemantapan agar kegiatan literasi dapat berjalan sukses.

Ketua IGI wilayah Aceh, Drs. Imran menyebutkan bahwa literasi merupakan salah satu misi dan rohnya IGI. IGI bukanlah organisasi yang bersifat anarkis, migi-lhok3engadakan demonstrasi, atau bahkan memprotes segala kebijakan pemerintah. IGI hanya memfokuskan diri pada dua hal yaitu bagaimana mengajak siswa agar mau membaca (program literasi) dan bagaimana mengajak guru agar mau mengembangkan diri. Itu saja tugas utama IGI.

Kabid Program Disdikpora Lhokseumawe, Drs. Ikhwansyah, MA mengatakan, saat ini Kemdikbud sedang menjalankan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS adalah suatu kegiatan dalam upaya memotivasi anak-anak agar membiasakan diri membaca dan menulis. GLS juga bertujuan menciptakan peserta didik yang handal dan mampu berkomunikasi dengan baik di lingkungan sekolah. Untuk mencapai program inilah maka kegiatan workshop ini di adakan.

igi-lhok1Narasumber, Satria Dharma yang juga konsultan literasi Kemdikbud mampu memotivasi kegiatan workshop sebagaimana diharapkan. Peserta sangat antusias dan diluar dugaan melebihi dari yang diundang bahkan sampai harus menambah kursi. Begitu antusianya mengikuti kegiatan, peserta tidak beranjak dari tempat duduk. Peserta bahkan berlomba-lomba untuk memberikan pertanyaan atau menceritakan pengalaman kegiatan literasi di sekolahnya.

Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan, M.Pd mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mnyukseskan kegiatan ini. Kedepan IGI Kota Lhokseumawe akan mengadakan kegiatan-kegiatan peningkatan mutu guru dengan mendatangkan trainer-trainer handal dari pusat. IGI Kota Lhokseumawe juga meluncurkan program IGI Visits Schools dimana IGI akan memberikan pelatihan secara gratis di setiap sekolah yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu guru.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here