BERBAGI DI KETINGGIAN ; BERHENTI DI KEDINGINAN

0
637

Memanfaatkan sela-sela waktu menjelang  pembagian raport semester I tahun 2016/2017, IGI Kabupaten Bener Meriah memanfaatkan dengan mengadakan pelatihan “Maksimalisasi Tablet dalam Pembelajaran” dengan mengundang rekan IGI saudara dari Trainer Nasional IGI Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 14 Desember 2016.

Ketua IGI Bener Meriah, Almin Sutoyo mengungkapkan bahwa pentingnya pembelajaran menggunakan tablet, selain sebagai perwujudan kesiapan anggota IGI dalam menghadapi era digital, juga membuat pembelajaran di kelas menjadi sangat menarik, joyful learning serta membuat pembelajaran sangat variatif.

Peserta yang mengikuti pelatihan terlihat sangat antusias mendengar pemaparan materi yang disampaikan oleh trainer nasional literasi produktif IGI dari IGI Kabupaten Aceh Timur, yaitu Khairuddin, Fitriadi dan Aiyub. Kegiatan yang diikuti oleh 23 peserta tersebut berlangsung sejak pukul 14.00 WIB s.d 17.40 WIB terpaksa dihentikan karena kabut sudah mulai menutupi lokasi kegiatan yaitu SMAN Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah dengan suhu yang sudah menurun di 22 derajat celcius.

Selain menyajikan eksplorasi tablet samsung A8 dalam pembelajaran, seperti optimalisasi fungsi S-Note, penulisan teks, rumus, shape dan grafik oleh Fitriadi, serta fitur-fitur literasi galaxy A8  seperti S-Lime, Zmartbook, Pesona Edu, Produk Sagusanov, BSE (Khairuddin) dan aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan bagi pembelajaran, seperti animasi drawing, comicstrip, geogebra dan sebabainya oleh Aiyub. Kegiatan ini juga ditutup oleh preview pemanfaatan aplikasi di komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari literasi produktif, yaitu flip book, comiclife, dreamweaver serta lectora oleh Khairuddin.

Ketua Panitia Pelaksana Leni Mardani didampingi sekretaris kegiatan Indah mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi internalisasi Ikatan Guru Indonesia di daerah dataran tinggi yang selama ini jarang tersentuh oleh pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kesediaan teman-teman IGI dari daerah lain yang dapat memberi peningkatan kapasitas bagi guru-guru di Bener Meriah.

Para mentor yang berasal dari IGI Aceh Timur tersebut akhir kembali ke daerah asal sekitar 250KM dari Bener Meriah dalam cuaca yang sangat dingin 17 derajat celcius namun dalam suasana yang menyenangkan setelah berbagi bersama.

IGI ; Sharing and Growing Together

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here