APRESIASI GURU MENULIS MESKI SAAT BENCANA

0
709

Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun IGI ke 7, IGI Pidie Jaya melaksanakan kegiatan Sayembara Menulis Guru dengan tema Guru dan Inovasi dalam Pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d 24 November mengundang guru seluruh Pidie Jaya mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengah termasuk guru-guru yang bernaung di bawah Kementerian Agama.

Juri dalam menilai penulisan karya guru-guru tersebut adalah pengawas yang selama ini menjadi assessor untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, yaitu Imzinaryani, S.Pd dan Mukhtar, S.Pd. Jumlah peserta yang berpartisipasi mengirimkan tulisan sebanyak 20 guru.

Antusiasme guru yang masih rendah menurut Asnawi Ketua IGI Pidie Jaya dikarenakan tingkat kemampuan menulis, berpikir kritis dan menguraikan inovasi dalam bentuk tulisan masih sangat sulit dilakukan oleh guru-guru di Pidie Jaya. Kegiatan ini memberi masukan tersendiri bagi IGI Pidie Jaya untuk menggalakkan guru menulis, memberikan pelatihan serta mengapresiasi guru-guru yang berprestasi dalam menulis.

Kegiatan yang idealnya ditutup sekaligus diumumkan peraih juara direncanakan pada 8 Desember 2016 setelah kegiatan TOC Literasi Produktif Wilayah Aceh. Namun dikarenakan musibah gempa pada tanggal 7 Desember pengumuman pemenang urung dilaksanakan pada tanggal 8 Desember. Hingga akhirnya kegiatan ditutup sekaligus diberikan hadiah bagi para pemenang pada tanggal 11 Desember 2016, berlangsung dalam suasan yang masih gempa susulan di Posko Bantuan IGI, SD Negeri Simpang 3 Meurudue, dihadiri oleh Ketua IGI Wilayah Aceh, Imran, serta Ketua dan anggota IGI dari daerah lain, diantaranya Jon Darmawan, Didi Pianda (Lhokseumawe), Rusdi Ali, Susanti (Pidie), Khairuddin, Fitriadi, Faisal (Aceh Timur) serta pengurus IGI Kabupaten Pidie Jaya.

Hasil perlombaan tersebut sebagai berikut:

  1. Syauqi, S.Ag., M.Pd (MTs Jeumala Amal) memperoleh tropi + sertifikat & uang pembinaan 500rb
  2. Khairul Hadi, S.Pd.I (SMAN Unggul Pidie Jaya) memperoleh tropi + sertifikat & uang pembinaan 350rb
  3. Dewi Satri, S.Pd.I (SMAN 1 Meurudue) memperoleh tropi + sertifikat & uang pembinaan 250rb .

Meski berlangsung dalam suasana panik dan duka, kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu bagi tumbuhnya minat menulis di kalangan guru Pidie Jaya, demikian yang diungkap oleh Ketua IGI Wilayah Aceh, Drs Imran saat menutup kegiatan.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here