ANTARA AMBISI DAN KEBUTUHAN

0
549

FASKHUR HASZANAH FAJAR MULHAYATI, S.TP, M.Pd
Pengurus IGI Wilayah Banten

Tulisan ini adalah catatan harian seorang guru biologi yang terlanjur jatuh cinta pada organisasi IGI pd bulan Agustus 2016 setelah pernah mengenalnya dan tercatat sebagai anggota tahun 2010 silam.

Mengawali liburan semester ganjil di 24-25 Des pada kegiatan TOT literasi produktif yang diselenggarakan oleh pengurus IGI wilayah DKI di Badiklat Keagamaan Cakung, langkahku berlanjut pada keesokan harinya 26-27 Des di TOC Banten di Gedung DPRD Prov.Banten yang diselenggarakan oleh pengurus IGI wilayah Banten, dimana aku juga sebagai salah satu panitia penyelenggaranya.

Bersama peserta TOC yang berjumlah 50 orang yang berasal dari Kabupaten Pandeglang, Kota dan Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Tangsel, Kota Tangerang dan Sulawesi, dengan penuh semangat mengikuti sesi demi sesi penyampaian materi yang diberikan selama dua hari TOC berlangsung.

Hari pertama mendapat wejangan yang sangat memotivasi dari keynote speaker ASDA II Prov Banten Bunda Ir.Hj Eneng Nurcahyati. Beliau mengatakan bahwa seorang guru, pendidik harus terus belajar agar tidak ketinggalan jaman dan kalah oleh anak didiknya, sehingga kegiatan peningkatan kompetensi guru yang dilakukan oleh IGI sangatlah penting dan harus di dukung. Langkah yang dilakukan IGI dengan menyelenggarakan TOC dinilai sebagai kegiatan yang sangat tepat, sehingga dpt memenuhi kebutuhan para trainer handal sebagai narasumber diseluruh Indonesia, dan mempercepat proses peningkatan kompetensi guru seperti yang menjadi konsen kegiatan IGI saat ini.

Materi optimalisasi Tab A8 oleh Mas Banu dr PT. Samsung Indonesia yang mensupport kegiatan TOC ini, berlangsung sampai jam 3 sore dan dilanjut dengan materi SAGUSABLOG oleh Mas Danang. Padatnya jadwal kegiatan TOC tidak mengurangi antusias peserta, bahkan terlihat merasa kurang puas karena terbatasnya waktu sehingga saat tibanya waktu istirahatpun terlihat enggan beranjak dari tempat duduknya.

Menutup kegiatan TOC hari pertama, materi Animasi Drawing Sparkol oleh Mas Rofiq diberikan setelah istirahat sholat magrib dan makan malam sampai jam 9 malam, dengan kesan yang mendalam karena peserta mendapatkan materi yang menantang dan mengasyikan.

Menemu baling oleh Mba Yully dan Ibu Azijah, google drive dan ppt lanjutan, oleh Mas Dahli di hari kedua TOC adalah materi yang sudah kudapatkan di kegiatan sebelumnya, tapi tak ada rasa bosan dan justru kujadikan kesempatan untuk berbagi dari apa yang sudah dikuasai. Ada rasa bahagia disaat sahabat, peserta TOC yang lain akhirnya juga menguasai materi yang kubisa.

Ya, antara ambisi dan kebutuhan, aura positif bagi seorang pendidik untuk terus belajar agar bisa amanah dalam mengemban tugas sebagai pendidik. Hasrat yang tinggi untuk menjadi lebih baik dan rasa nyaman disaat keinginan tercapai, sehingga lelah tidak terasa yang ada hanya rasa suka cita.

Bersama IGI aku mengenal semboyan “sharing and growing together“, bersama IGI aku begitu akrab dengan yel-yel “rela berbagi ikhlas memberi”. Jayalah selalu IGI karena di dalamnya terdapat guru-guru yang penuh ambisi, selalu merasa butuh untuk mendapat ilmu terbaru dan terdepan.

@Villa anyer….saat menemani efan fadel stefani berenang bersama swami tercinta (limit 212017)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here