AMAZING ANTARA (JADI) PANITIA DAN PESERTA TOC BANTEN

0
584

HARJONO

Sekretaris Wilayah IGI Banten

Kegiatan training of coach (TOC) Ikatan guru Indonesia wilayah Banten tanggal 26-27 Desember 2016 bertempat di ruang GSG DPRD Provinsi Banten telah selesai.Kegiatan yang disupport oleh PT. Samsung ini berjalan dengan lancar.diikuti oleh 52 orang peserta guru-guru se-Provinsi Banten dan ada juga peserta dari Sulawesi. Meskipun kegiatan ini hanya dilaksanakan dua hari tapi setara dengan 4 hari,bagaimana tidak kegiatan yang begitu padat dengan materi-materi yang cukup banyak. Bayangkan saja hari pertama meskipun tidak menginap,tapi kegiatan sampai jam 21 malam. Kalau biasanya sekali mengikuti kegiatan hanya mendapat satu atau dua materi,tapi kegiatan yang satu ini mendapat 8 materi bahkan lebih. Inilah salah satu yang luar biasa,peserta dipaksa untuk bisa,tidak dimanjakan dengan hanya datang duduk pulang awal.

Kegiatan TOC ini dilaksanakan untuk membentuk pelatih-pelatih yang handal terutama dalam bidang IT, yang siap menularkan ilmunya ke guru-guru lainnya. Sesuai dengan moto IGI ‘Sharing and growing together, guru IGI harus bisa berbagi ilmunya dengan sesamanya untuk selanjutnya akan menumbuhkan guru-guru yang hebat. Agar guru-guru pelatih ini siap berbagi ilmu,maka guru-guru ini juga harus siap secara keilmuan,oleh karenanya melakui TOC diharapkan menyiapkan keilmuan tersebut, makanya guru harus mau dilatih,harus mau belajar. Sesuai dengan tema, ‘ mendidik guru membangun bangsa’, diharapkan dengan guru-guru yang hebat maka akan memberi andil yang besar dalam rangka membsngun bangsa.

Kenapa harus bidang IT yang menu utama dalam TOC ini?salah satunya tren pembelajaran dikelas saat ini mulai beralih dari konvensional ke penggunaan IT, bahkan siswa-siswa sekarang sangat familiar dengan IT. Dengan IT juga bisa memberikan banyak kemudahan dalam proses pembelajaran.

Hal lain yang luar biasa dari kegiatan TOC ini adalah kepanitiaan, karena semua panitia adalah peserta karena tidak ada panitia yang murni menjadi panitia. Dengan persiapan yang cukup singkat diawali satu pertemuan memilih ketua panitia dan pembagian tugas,kemudian panitia bekerja mulai menyusun proposal,menyiapkan surat-surat,mendesain poster informasi, meminjam tempat, dan sebagainya. Bahkan saat akan meminjam dispenser yang akan dipakai pada saat kegiatan panitia menginformasikan lewat group IGI Pandeglang dan group peserta yang sudah terdaftar. Akhirnya ada peserta TOC yang sekaligus pembina IGI Pandeglang menyatakan siap membawa dispenser. TOC ini menjadi kegiatan yang penuh gotong royong antara panitia dan peserta, karena panitia adalah peserta,bahkan peserta yang bukan panitia juga membantu ikut menyiapkan kegiatan ini agar berjalan sukses. Pada saat hari H kegiatan panitia seperti tidak terlihat,karena semua panitia berbaur menjadi peserta pelatihan. Panitia baru muncul meninggalkan meja peserta ketika panitia ada tugas kepanitiaan seperti menjadi moderator, menyiapkan konsumsi, membantu peserta jika ada pertanyaan dan yang lainnya.

Dan akhirnya,setelah TOC berakhir, para peserta diberi oleh-oleh dari pembicara, selain ilmu yang didapat ada juga ole-oleh berupa tugas rumah yaitu menghasilkan karya dari ilmu pelatihan yang sudah didapat. Selamat bekerja mengaplikasikan ilmunya, dan siap untuk berbagi ilmunya dengan sesama guru. Terimakasih untuk semuanya yang telah mengsukseskan kegiatan TOC IGI Banten, semoga ilmunya bermanfaat dan terus berkembang

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here