AKU PROFESIONAL KARENA IGI

0
579

IGI WILAYAH NTB BERSAMA PT. SAMSUNG INDONESIA MELALUI ”TOT LITERASI PRODUKTIF NASIONAL II”

(Mataram_NTB, 17-18 Desember 2016)

YUDI ANANTO, S.Pd

IGI KOTA BIMA-NTB

Di zaman sekarang ini dimana perkembangan ilmu dan tehnologi semakin maju mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang baik. Sekarang ini para guru dituntut untuk dapat menggunakan atau memanfaatkan ilmu dan teknologi baik alat-alat komunikasi baik itu pengguna internet, penggunaan komputer dan penggunaan telepon pintar dan komputer tablet. Penggunaan media dan tehnologi pada proses pembelajaran dapat membentuk atmosfer yang berbeda yang dapat membuat siswa menjadi aktif berpartisipasi. Media pembelajaran menjadi penghubung antara siswa dan guru, berkat media siswa tidak dibatasi lagi oleh ruang-ruang kelas. Siswa dapat belajar di diberbagai tempat seperti melalui internet dan telepon pintar. Disamping guru mampu menggunakan alat tersebut, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran yang akan digunakan apabila aplikasi media tersebut tidak tersedia.

Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup untuk dapat membuat aplikasi media pembelajaran tersebut. Untuk menjawab semua tuntutan itu saya memutuskan untuk bergabung dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia). IGI sendiri memiliki visi memperjuangkan mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa. Sesuai dengan visi IGI tersebut banyak kegiata nyata yang dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan mutu dan profesioanalisme guru salah satunya adalah kegiatan Training Of Trainer (TOT) Literasi Produktif Nasional II yang dilaksanakan di Mataram-NTB tanggal 17-18 Desember 2016 yang saya ikuti bersama lima orang teman saya yang tergabung dalam IGI KOTA BIMA. Jumlah Peserta TOT adalah 50 orang dari berbagai kabupaten dan kota di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditambah dengan 3 orang dari IGI Kota Denpasar,  TOT ini cocok banget saya ikuti karena saya masih kurang paham dengan penggunaan IT ditambah dengan pemahaman penggunaan Android dalam media pembelajaran.

Training Of Trainer (TOT) Literasi Produktif Nasional II yang dilaksanakan di Mataram-NTB tanggal 17-18 Desember 2016 di Aula SMKN 3 KOTA MATARAM di sponsor oleh PT.SAMSUNG NDONESIA dibuka langsung oleh Sekretaris DIKPORA PROV. NTB Bapak H. Aidi Furkan, M.Pd kemudian oleh Bapak Ulil Amri, S.Kom selaku ketua IGI wilayah NTB. Selanjutnya ada kata sambutan dari pengusaha dari NTB yaitu Bapak H. Ahmad Rusni, SE, MM yang luar biasa bermakna  kata-katanya membuat kita terharu dan tertawa dan membuat kita terinspiratif dengan motto hidupnya BEKERJA”TENTRAM”(Taat, Energik, Nyaman, Toleran, Rapi, Amanah dan Mampu). Beliau adalah termasuk 10 profil orang luar biasa se-Indonesia.

Materi yang disajikan dari kegiatan TOT ini :

  1. Optimalisasi penggunaan Video Animasi Drawing oleh Bapak Dahli Ahmad
  2. Optimalisasi penggunaan Hp Android melalui fitur-fitur Playstore(Gboard keyboard, @voiceloader dan color note) oleh Bapak Yoel Istiawanto
  3. Optimalisasi Aplikasi Samsung Tab 8 oleh Tim PT. Samsung Indonesia

Hari Pertama setelah acara pembukaan dengan coffea break dan salat Ashar masuk acara inti yaitu pengenalan Animasi Video Scribe oleh Bapak Dahli Ahmad Pelatih yang amat sangat luar biasa ilmunya yang sangat kita nanti-nantikan sampai pukul 22.00 WITA

Hari kedua dilanjutkan dengan penagihan tugas pembuatan animasi video sederhana sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak YOEL ISTIAWANTO dari IGI KALSEL dengan judul materi MENULIS PAKAI MULUT MEMBACA DENGAN TELINGA Aneh tapi nyata kedengarannya. Peserta disuruh membuka playstore(Gboard keyboard, @voiceloader dan color note) agar menulis pakai mulut membaca dengan telinga dapat teraplikasikan pada handphone android atau smartphone masing-masing peserta. MENULIS PAKAI MULUT artinya kita gunakan aplikasi Gboard keyboard dan color note hanya dengan bersuara di WA, message, di google akan tertulis semua apa yang kita inginkan dilayar smarphone kita. MEMBACA DENGAN TELINGA artinya dengan menggunakan atau menginstal @voiceloader maka segala jenis file berbentuk pdf, ms.word, dan ms.excel akan dibaca oleh aplikasi @voiceloader. Selanjutnya acara TOT ini dilnjutkan oleh trainer dari PT.SAMSUNG ELEKTRONIK INDONESIA  memperkenalkan samsung Tablet A8. SAMSUNG yang sebelumnya hanya sebagai sarana komunikasi, yang kecanggihannya terbuang dengan sungguh mubazir, yang fitur-fitur didalamnya tidak pernah dimanfaatkan seperti harapan para pembuatnya, beberapa yang aplikasi yang dimanfaatkanpun bercampur dengan hal-hal aneh dan bahkan hanya menjadi trend ikut-ikutan. Ternyata banyak kemudahan yang telah lama dibenamkan diproduk Samsung yang belum termanfaatkan maksimal khususnya terkait literasi produktif. Jika seseorang disuruh menulis pasti hal yang pertama dikatakannya adalah bingung tidak bisa malas menulis dalam berbagai macam alasan untuk menghindari jari-jemarinya melakukan hal yang membosankan. Tapi saat seseorang disuruh bicara tanpa aba-aba dan bahkan tanpa rambu-rambu, seseorang akan dengan mudahnya berbicara tanpa henti, bertanya, curhat, menjelaskan sesuatu, bahkan hanya membicarakan hal-hal yang sebenarnya tidak penting sama sekali.

 Menulis itu tidak sulit, menulis itu sangat mudah, menulis itu tidak ribet, menulis itu tidak membosankan, menulis itu tidak perlu tempat khusus, menulis itu tidak perlu waktu yang tepat, manusia itu tidak perlu pena, menulis itu tidak perlu kertas, menulis itu tidak perlu ini, menulis itu tidak perlu itu. Hanya dengan SAMSUNG menulis itu menyenangkan.

Mudahnya Menulis dengan Samsung.

Terimaksih Samsung!

Terimaksih IGI, karena Engkau Aku Bisa; demi memajukan dan mencerdaskan anak Bangsa!

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here