WORKSHOP MENEMUBALING BUKU BEST SELLER

0
81

WORKSHOP MENEMUBALING BUKU BEST SELLER

Oleh : Yulianto ( Jurnalis Menemubaling)

Penulis buku menerbitkan buku adalah sesuatu yang wajar. Para penulis profesional dapat menulis dan menerbitkan berkali-kali buku bahkan sampai booming untuk pemasarannya. Guru sebagai insan pendidik tentunya memiliki kompetensi akademis yang mencukupi dari sisi ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sebagai pendidik, baru beberapa guru yang dapat menerbitkan buku. Ada pula guru yang sudah memiliki nama harum di dunia penerbitan buku.

Untuk menulis pada masa sekarang tidak lah terlalu sulit dengan sarana teknologi. Dengan metode menemu baling, menulis menjadi lebih mudah. Guru yang telah mendapatkan pelatihan menemu baling dan merespon positif hasil pelatihan tersebut telah memiliki beberapa tulisan yang disimpan maupun di publikasi melalui berbagai media. Tulisan-tulisan yang berserakan tersebut belum di ramu menjadi sebuah buku. Oleh karena itu tim kanal menemu baling Ikatan Guru Indonesia berinisiatif menyelenggarakan workshop menerbitkan buku best seller.

Workshop menerbitkan buku best seller diselenggarakan pada tanggal 30 Juni sampai 1 Juli 2018 bertempat di Red Chillies Hotel Jl Ahmad Yani 286 Manahan Banjarsari Surakarta. Kegiatan ini di koordinir oleh panitia yang terdiri dari para coach menemu baling lulusan TOC Yogyakarta , yang merupakan perpanjangan tangan dari pembelajaran leadership pada kegiatan TOC Yogyakarta. Mereka adalah Sugio, Siti Zulaeha, Rohmawati, Muchlis, Dana, dan Isrohli Irawati. Panitia bergerak menyelenggarakan workshop dengan bimbingan dari Tim inti menemu baling yang juga hadir memberikan support kegiatan adalah Wulan, Neny Ekosari, Nurohman, dan Elyas.

Peserta awal terdaftar kurang lebih 70 orang, namun dikarenakan berbagai hal akhirnya yang mengikuti kegiatan ada 54 peserta dari berbagai daerah di pulau Jawa dan Kalimantan. Mereka berkumpul pada Sabtu pagi relatif tepat waktu pukul 08.00 acara dimulai dengan dibuka oleh pengurus IGI Jawa Tengah Joko Susilo, dan berkenan memberikan sambutan penanggung jawab ketua kanal menemu baling IGI Wulan Widaningsih. Keduanya sangat mengapresiasi para peserta yang di saat-saat liburan berkenan berkumpul untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru pembelajar dengan pembiayaan mandiri.

Narasumber pada kegiatan workshop adalah para praktisi di bidang perbukuan dan sudah menerbitkan banyak buku. Pemateri pertama adalah Dr Rahmadi Kepala UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta sangat memotivasi para peserta untuk literasi dan memotivasi untuk menerbitkan buku. Dilanjutkan pemateri kedua Ahmad Faizin seorang motivator berliterasi dari Gresik Jawa Timur, beliau seorang konsultan dalam bidang literasi dan menerbitkan beberapa buku best seller. Pemateri termuda adalah Fahrul Ar Rozy, sangat menginspirasi dengan keberhasilannya sebagai penulis muda berbakat menerbitkan buku buku best seller dan telah melanglang buana di seantero nusantara. Pemateri yang keempat adalah founder menemu baling sekaligus Sekjen ikatan guru Indonesia Bapak Mampuono yang selalu memotivasi dari kegiatan kegiatan sebelumnya terlebih lagi pada saat workshop menulis buku best seller ini.

Praktek dan materi yang dilakukan pada saat workshop adalah 1) Memilih judul buku dan membuat otline, selanjutnya mengumpulkan teori teori yang mendukung 2) Membuat paparan yang merupakan pengembangan pikiran yang dituangkan dalam paragraf 3) mengolah aplikasi Menemubaling versi baru 4) Motivasi menulis yang bombastis disampaikan oleh tiga penulis 5)mengisi halaman-halaman yang terdapat dalam template pembuatan buku dengan tulisan-tulisan yang telah dibuat oleh para peserta. Para peserta yang sudah memiliki tulisan tidaklah mengalami kesulitan tinggal memindahkan tulisan tersebut ke dalam template dan merangkai dengan judul yang menarik. Sedangkan peserta yang belum memiliki tulisan dipersilahkan untuk segera mengisi tulisan dan diberi waktu sampai satu minggu kemudian.

Sampai waktu yang ditentukan tanggal 1 Juli 2018 pukul 12.00 beberapa peserta telah mengirimkan hasil tulisan yang didesain menjadi sebuah buku. Terkumpul 28 naskah calon buku yang siap terbit, dan target ada 40 buku akan tercapai karena peserta diberikan waktu untuk menyelesaikan selama satu minggu kedepan. Sedangkan 5 buah tulisan calon buku disiapkan untuk jenis antologi. Sehingga target total ada 45 buku.

Dalam kesempatan tersebut sebelum penutupan ketua kanal menemu baling Ibu Wulan Widaningsih mengemukakan kegiatan setelah workshop berupa
TOC menemu baling 2 di Jawa Barat dengan tujuan untuk merekrut pelatih menemu baling. Setelah itu diadakan kegiatan menemu baling jelajah nusantara di 73 kota/ kab di Indonesia dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Kegiatan ditutup dengan sambutan oleh ketua kegiatan Bapak Sugio. Kegiatan secara resmi ditutup oleh ketua IGI wilayah Jawa Tengah Bapak Mamok yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah bekerja keras melaksanakan workshop yang sangat luar biasa.

Comments

comments