TOT Surabaya is the Best

0
590

Pada pagi buta saya terbangun dengan bunyi alarm HP yang begitu keras. Saya baru tersadar kalau saya harus ke bandar udara Sumbawa Besar guna mengikuti TOT yang diselenggarakan oleh IGI. Saya harus berangkat ke bandara pagi buta sekitar jam 02.00 wita dengan maksud supaya saya tidak ketinggalan pesawat. Saya melihat tiket pesawat tertera keberangkatan jam 06.00 wita sedangkan jarak antara tempat tinggal saya ke bandara memakan waktu 3 jam perjalanan. Hari itu merupakan hari yang sangat melelahkan bagiku, tetapi semangat ku tidak pernah pudar. Saya harus berangkat demi tujuan yang mulia membagikan ilmu untuk nusa dan bangsa.  Akhirnya dengan semangat pagi saya sampai tujuan dengan selamat. Hatiku sangat senang setelah menginjakkan kakiku di bandara Juanda Surabaya. Setelah kami sampai di LPMP Jawa Timur kami disambut dengan hangat dan difasilitasi semua yang menjadi keperluan kami. Begitu kami masuk LPMP Jawa Timur, kami merasa senang karena suasana dan kondisi LPMP yang begitu nyaman dan asri. Kami langsung dapat istirahat dengan tenang setelah menempuh perjalanan yang begitu jauh.

Setelah istirahat yang cukup saya langsung mempersiapkan diri guna mengikuti acara pembukaan Training of Trainer (TOT) Literasi Produktif Berbasis IT. Acara tersebut diikuti oleh Bapak/Ibu guru dari seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke sebagai utusan IGI di tiap-tiap Wilayah dan Daerah. Sebanyak 150 peserta ikut acara TOT Literasi Produktif Berbasis IT yang notabene semua anggota IGI Se-Indonesia. Dengan TOT tersebut saya dapat bersilaturrahim dengan anggota IGI yang lain. Kami dapat sharing tentang IGI mengenai kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan selama ini. Rasa kekeluargaan kami terasa sekali dan mengikuti acara dengan sebaik-baik mungkin. Kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dilaksanakan dari tanggal 6 s.d 9 Oktober 2016 di LPMP Jawa Timur.

Pada acara tersebut langsung dibuka oleh Ketua Umum IGI Pusat, Muhammad Ramli Rahim dengan lantang dan tegas. Kegiatan TOT ini mengusung tema “Gerakan Nasional SATU JUTA Guru Terlatih Produktif”. Setelah itu saya memdengar sambutan dari Pak Banu (PT. Samsung Indonesia) menjelaskan kegunaan Tablet A8, tablet yang luar biasa dengan segala kecanggihan di dalamnya. Dengan tablet A8 kita dapat melakukan presentasi di kelas melalui Google Chromecast ke LCD proyektor tanpa kabel. Saya terkesan sekali setelah mendengar penjelasan dari PT. Samsung Indonesia, bahwa di era digital ini diharapkan guru memiliki kemampuan dalam menguasai IPTEK yang akan semakin berkembang ini.

Pada kegiatan peserta dibagi dalam beberapa kanal dan setiap kanal difasilitasi oleh dua orang fasilitator/narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Para narasumber/fasilitator yang ditunjuk oleh IGI telah banyak pengalaman dan telah diundang untuk mengisi kegiatan pelatihan/workshop di seluruh Indonesia. Saya memilah Kanal 1 dengan fasilitator  pak Mampuono dan Bapak Abdul Karim dengan tema “pemanfaatan Tablet dalam media pembelajaran”. Pak Mampuono mengajari kami membuat animasi pembelajaran, menemu baling (menulis dengan mulut, membaca dengan telinga). Sedangkan Bapak Abdul Karim mengajari kami membuat text (word office, adobe indesign, corel drow), gambar (comic pro, comic life, adobe hiqework, adobe photoshop), video/audio (adobe premerine, sami veges, com rasia, power direc, tor), animasi (flash), Simulasi (flash) yang nantinya akan menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dan lectora.

Pada saat penutupan kami diberikan kata semangat dari ketua dewan pembina IGI pusat, bapak Muhammad Ihsan yang berpesan “muliakan guru, dimuliakan guru”. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pengurus pusat IGI, para fasilitator/narasumber, team sponsor dari Dirjen GTK, Dirjen Dikdasmen, Garuda Indonesia, PT. Samsung dan LPMP Jawa Timur. Semangat Literasi…

 

Salam “Sharing and Growing Together”

Suci Kurnia, IGI Sumbawa Barat – NTB

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here