TOT 2425 IGI DKI JAKARTA: MEROBOHKAN DINDING PERMULAAN GURU DALAM LITERASI BERBASIS IT UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN NASIONAL, KEGURUAN DAN MENCERDASKAN KEHIDUPAN BERBANGSA

0
216

Asep Iffan Awaluddin

Every Beginning is difficult (Setiap permulaan itu sulit)
Kullu Ibtidaain Sho’bun (Setiap permulaan itu susah)

Begitulah pepatah atau kata mutiara Bahasa  Inggris dan Bahasa Arab di atas.  Kita semua mengetahui bahwa setiap aktivitas baru yang akan kita lakukan itu sangat membutuhkan pengorbanan. Tetapi setelah kita menikmati setiap proses aktivitas baru tersebut maka kita akan mendapatkan kenikmatan yang “menggairahkan”. Meminjam istilah Syahrini “Cetar Mem-bahana”. Memulai. Ya, Memulai perubahan atau memulai melakukan sesuatu dibutuhkan mental baja, butuh keberanian lebih dan kesungguhan serta totalitas yang tinggi. Tekad dan niat yang kuat perlu juga dihidupkan kembali. Mungkin juga karena kita terlalu nyaman berada dicomfortzone  sehingga sulit untuk memulai sesuatu. Termasuk Pelatihan TOT Berbasis IT ini.

Menurut Ust. Yusuf Mansur kalo perlu Paksa, Bisa dan Biasa. Yah. Kita harus memaksakan diri dalam tanda kutip untuk kebaikan sehingga kita bisa dan terbiasa dalam hal teknologi IT khususnya Aplikasi Tab A8 Samsung untuk memudahkan guru dalam pembelajaran, yang bias ditransfer kepada anak didik.

Guru akan mampu untuk mencerdaskan bangsa, memajukan pembangunan bangsa ini adalah guru yang profesional yang mampu melaksanakan peran tugasnya. Usaha untuk mencerdaskan bangsa ini tidak akan berhasil kalau guru tidak memiliki keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, mereka juga tidak akan mampu memperbaiki nasib bangsa. Guru yang bisa mencerdaskan bangsa, mengubah bangsa ini adalah guru yang profesional, ikhlas dan idealis dalam mengabdi atau menjalankan perannya.

Guru biasa-biasa saja hanya bisa menceritakan. Guru yang baik mampu menjelaskan. Guru yang unggul mampu menunjukkan. Sementara guru yang hebat bisa memberikan inspirasi.

Seorang guru yang baik adalah guru yang dapat memberikan inspirasi untuk para muridnya. Inspirasi ini ditunjukkan para guru dengan memberikan teladan dan nasihat membangun pada anak-anak didik agar mereka belajar tanpa rasa takut jika salah dan dikatakan tidak mampu.

Jangan ditanya bagaimana kualitas materi yang kami, para peserta terima. Fasilitator-fasilitator IGI yang mendampingi kami adalah guru-guru kreatif yang hebat. Semakin hebat karena mereka adalah guru pintar yang suka berbagi. Literasi produktif ala Ikatan Guru Indonesia adalah bagaimana memaknai literasi bukan sekedar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga bagaimana guru-guru Indonesia mampu menggunakan teknologi untuk berkreasi dan berinovasi, menghasilkan sesuatu untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Igi  atau ikatan guru indonesia bekerjasama dengan samsung mengadakan training of trainer literasi produktif berbasis IT angkatan 2 diadakan di Badiklat Kemenag Dki Jakarta di rawakuning jakarta timur. Pesetanya 50 orang  dari seluruh indonesia. Pelatihan diadakan tanggal 24 sampai 25 desember 2016.

Para trainer dan juga guru-guru sasaran pelatihan literasi produktif diarahkan untuk menghasilkan karya. Apapun itu, sesuai minat dan kompetensinya. Pelatihan dua  hari  tanggal  masih dirasa kurang. Terutama dalam mengeksplor pemanfaatan  Samsung Tab A8 dalam pembelajaran Eksplorasi teknologi memang membutuhkan waktu lama dan ketelitian. Samsung sebagai mitra kegiatan ini turut berpartisipasi aktif dengan memberikan materi seputar Tab A8. Banyak fitur menarik dan bermanfaat untuk pembelajaran yang terdapat dalam Tab berujuran 8″ ini. Belum lagi aplikasi-aplikasi instalan lainnya. Adapun ketua panitianya adalah pa adan, dkk.

Pembukaan TOT oleh ketua IGI, yaitu MRR yang begitu memompa semanagat dan memotivasi guru-guru dalam berinovasi dan berkarya. Materi 1.literasi dulu,kini,dan nanti oleh sururi aziz. Materi 2.literasi dan inovasi pembelajaran oleh rahmi .Materi 3.pengenalan perangkat s a8 oleh danang hidayatullah Materi 4.pengenalan s nite oleh nurazizah. Materi 5.literasi dalam komik oleh badrun fuady. Materi 6.literasi dalam blog oleh danang hidayatullah. Materi 7. Menemu baling oleh Yully Rahmawati. Materi 8.implementasi literasi disekolah model oleh Ella. Materi 9.literasi komunikasi dan kepemimpinan oleh Iwan R, Materi 10.literasi dalam media,menulis itu indah oleh ali ,lieterasi dalam aplikasi android dan vicon webex oleh nenny dan materi yang lainya yang sungguh luar biasa menginspirasi sehingga guru bisa sharing and growing together. seperti moto IGI.

Majulah pendidikan Indonesia. IGI siap membangun bangsa, jadikan guru hebat semua dalam membangun indonesia jaya. Mari, Kita sebagai guru harus bisa merobohkan dinding permulaan dalam memanfaatkan IT untuk memajukan pendidikan Nasional, keguruan dan mencerdaskan kehidupan berbangsa.

BRAVO, Jayalah Pendidikan Indonesia .Majulah IGI.

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here