TOC BANTEN – MENDIDIK GURU MEMBANGUN BANGSA (Sharing And Growing Together)

0
323

Oleh : Dede Wahdiati

TOC Banten adalah salah satu kegiatan IGI  atas kerja sama IGI dengan PT. SAMSUNG ELEKTRONIK INDONESIA, dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 27 Desember 2016 di GSG DPRD Provinsi Banten. Dengan tema “Mendidik Guru Membangun Bangsa” dengan Icon IGI SHARING AND GROWING TOGETHER Penanggung jawab TOC Banten Tb. Saeful Bahri ketua IGI Wilayah dan ketua panitia pelaksana Neli Fori Karliana merupakan Ketua IGI Kabupaten Pandeglang mengharapkan guru di Banten SEMUANYA YANG MENGIKUTI TOC dapat menjadi Coach. TOC Banten hadir pula keynote speaker Ir. Eneng Nurcahyati ASDA 2 Provinsi Banten bidang pemerintah dan kesra, dan juga sekaligus membuka dalam acara TOC tersebut.Walaupun dalam suasana cuti bersama dan liburan panjang peserta yang hadir dalam TOC Banten melebihi kuota dari 50 orang menjadi 52 orang peserta yang hadir,  terdiri dari pengurus dan anggota igi kabupaten pandeglang, kota cilegon, kabupaten serang, kabupaten tangerang, kota tangerang selatan, kabupaten lebak,  kota tangerang dan IGI wilayah Banten, dan satu orang peserta dari wajo sulawesi selatan pun sengaja datang ke banten untuk mengikuti TOC Banten.

ASDA 2 Provinsi Banten mengharapkan guru terus meningkatkan kompetensinya sehingga guru dapat meningkatkan kualitas diri dan bisa tumbuh dan berkembang untuk anak-anak bangsa yang memang luar biasa, dan juga sangat diakui bahwa besar pengaruh dari IT terhadap pengetahuan siswa dan perilaku siswa sehingga diharapkan setelah TOC ini selesai guru dapat menerapkannya di sekolah maupun diluar sekolah. TOC Banten dipenuhi semangat para guruuntuk meningkatkan kompetensinya. Hal ini dapat dilihat dengan semangat dan antusiasnya para peserta TOC dalam mengikuti kegiatan dari jam 08.00 sampai dengan jam 22.00 untuk hari pertama. Dengan tanpa mengenal lelah peserta terus mengikuti setiap sesinya , dimana pada hari pertama diberikan tiga materi diantaranya optimalisasi samsung galaxi a8 oleh team samsung Banu Afwan Pribadi,sagusablogdan barcode generator oleh Danang Hidayatullah, Staff Khusus Ketum Pusat IGI, dan sparkol oleh rofiq, mereka adalah para trainer pusat yang luar biasa dapat membuat peserta terkesan dengan para pemateri.

Dengan melihat TOC di Banten begitu besar antusias guru terhadap pengunaan Tab A8, hal ini dapat dilihat dari kesiapan guru banten  sebagai peserta yang menghabiskan stok A8 yang merupakan stok terakhir di tahun 2016 dan TOC Banten mendapat ruang yang positif di Banten. Peserta TOC mempunyai harapan yang besar setelah pulang dari TOC Banten dengan menjadi coach secara nasional di Banten. Dalam pelaksanaan TOC di Banten pun gerakkan program guru saudara untuk para peserta TOC yang jauh dari lokasI TOC menginap di beberapa titik rumah tinggal pengurus IGi yang ada diwilayah  banten yaitu di kabupaten pandeglang.

Dihari kedua pun materi toc sangat padat yang terdiri dari beberapa materi yang disampaikan kepada peserta TOC  diantaranya barcode oleh Danang Hidayatullah,menemu baling oleh Yully Rachmawaty, comics pro oleh Nurazizahdan google drive dan Power point lanjutan oleh Dahli AhmadKabid Organisasi dan Keanggotaan PP IGI. Materi ini pun disambut dengan  respon yang sangat positif dr para peserta, dilihat dari antusiasnya para peserta dalam menerima materi sehingga waktu tidak terasa sudah menunjukkan jam 18.00, TOC Banten pun berakhir, karena TOC Banten sudah membuat para peserta terhipnotis dengan materi yang disampakam oleh semua narasumber.

Peserta TOC Banten mengharapkan IGI terus membantu guru se-Iindonesia dalam rangka upaya terus meningkatkan kompetensi guru, sehingga guru mampu dan menguasai media pembelajaran berbasis IT, dan guru bisa lebih percaya diri untuk menerapkan dan terusmengembangkan diri untuk memiliki profesionalisme dalam mengajar.

 

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here