Sebagian pengguna metode Menemu Baling mungkin bertanya-tanya. Bagaimana caranya supaya saya bisa menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga (Menemu Baling) bukan dengan bahasa Indonesia, tetapi dengan menggunakan bahasa dan tulisan Arab?

Pertanyaan ini terutama ada di benak para guru agama Islam kita. Ketahuilah wahai para ustad dan ustadzah, bahwa kegiatan Menemu Baling bisa dilakukan hampir untuk semua bahasa. Memang selama ini yang banyak kita lakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia tetapi bahasa-bahasa yang lain pun sebenarnya juga tersedia dan siap digunakan untuk Menemu Baling.

Tulisan ini akan memberikan tutorial tentang bagaimana mengatur tablet Sagusatab IGI agar bisa digunakan untuk kegiatan menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga dalam bahasa Arab dengan huruf hijaiyahnya.

Pertama kali pastikan bahwa semua aplikasi yang diperlukan untuk kegiatan Menemu Baling sudah terinstal di tablet Sagusatab IGI Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah mesin pencarian Google terbaru, Samsung keyboard ataupun Google Keyboard, Google text-to-speech, mesin pembaca Voice Aloud Reader, dan mesin pencatat Color Note.

Selanjutnya buka menu setting pada tablet Sagusatab IGI Anda, lalu klik pada menu “Bahasa dan masukan”. Biasanya tablet Sagusatab IGI secara default (sudah dari sananya) memiliki Samsung keyboard sebagai papan tombol (keyboard) bawaan. Tetapi tidak tertutup kemungkinan kita juga bisa menginstal papan tombol yang lain. Google Keyboard adalah salah satu papan tombol yang paling banyak digunakan para pemegang tablet Sagusatab IGI. Hal itu karena fitur yang dimiliki sangat lengkap dan sangat mendukung implementasi metode Menemu Baling.

Jika ada dua macam papan tombol terinstal dalam tablet Sagusatab IGI Anda, misalnya Samsung keyboard dan Google keyboard, maka diperlukan langkah-langkah yang berbeda untuk melakukan seting huruf hijaiyah pada kedua papan tombol tersebut. Jika Anda menggunakan Samsung keyboard cara melakukannya sebagai berikut:

1. Buka menu setting pada tablet Sagusatab IGI Anda dengan cara menarik layar dari atas ke bawah sehingga muncul menu roda bergerigi di sebelah kanan atas.
2. Klik menu roda bergerigi sehingga muncul tampilan drop down keseluruhan menu yang ada di dalam seting tablet.
4. Klik menu “Bahasa dan masukan”.
5. Klik menu “Papan Tombol Samsung”.
6. Klik menu “Tambah Bahasa Input”.
7. Pilih salah satu bahasa terpasang yang menggunakan huruf hijaiyah yang tersedia, misalnya bahasa Arab Arabiyah (العربی) atau Arab Urdu (اردو ).
8. Buka mesin pencatat Color Note dan munculkan keyboard. Pada tombol spasi akan muncul bahasa apa yang sedang digunakan.

Catatan:
Jika bahasa yang dibutuhkan untuk digunakan di dalam keyboard belum terpasang, biasanya menu yang tersedia meminta mengunduh bahasa tersebut yang kemudian otomatis terpasang. Jika sudah terpasang Anda tinggal menggeser tombol bundar berwarna abu-abu kekanan sehingga berubah warna menjadi biru. Itu artinya bahasa yang dipilih sudah aktif di dalam Samsung keyboard.

Jika Anda ingin mengganti bahasa yang Anda seting sebelumnya di dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia maka Anda tinggal mengklik ikon berbentuk bola bumi yang ada di sebelah kanan tombol spasi pada Samsung Keyboard tablet Sagusatab IGI Anda. Anda bisa memasang empat jenis bahasa ke dalam keyboard tersebut karena Samsung Keyboard bisa menampung empat bahasa untuk saling berganti.

Demikian cara melakukan seting tulisan huruf hijaiyah dalam bahasa Arab pada Samsung Keyboard dalam tablet Sagusatab IGI. Selanjutnya seting huruf tersebut harus diikuti dengan seting bahasa Arab untuk Google Voice. Caranya sebagai berikut:

1. Buka mesin pencatat Color Note dan munculkan Samsung keyboard.
2. Periksa apakah tombol mikrofon sudah muncul, jika belum, tekan lama tombol di sebelah kiri tombol spasi sehingga muncul pilihan tombol mikrofon.
3. Klik tombol mikrofon sehingga muncul ikon roda bergerigi berwarna kelabu di sisi sebelah kiri tampilan.
4. Klik ikon tersebut sehingga muncul menu seting bahasa.
5. Klik menu Bahasa default sehingga muncul berbagai pilihan bahasa yang menggunakan huruf hijaiyah.
6. Pilih salah satu bahasa Arab yang tersedia, misalnya bahasa Arab Tunisia (تونس-العربية)
7. Kembali ke mesin pencatat dan mulailah kegiatan Menemu Baling.

Berikut ini contoh tulisan dengan huruf alfabet dan huruf hijaiyah dengan menggunakan bahasa Arab.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
السلام عليكم و رحمه الله و بركاته
Bismillahirrahmanirrahim
بسم الله الرحمن الرحيم
Qalallahu ta’ala bilqur’anil ‘adzim
قال الله تعالى بالقران العظيم
Audzubillahiminasyaitonirojim
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
Bismillahirrahmanirrahim
بسم الله الرحمن الرحيم
Kulhu Allahu ahad
قل هو الله احد
Allahu Somad
الله الصمد
Lam yalid walam yulad
لم يلد و لم يولد
Walam yakullahu kufuwan Ahad
و لم يكن له كفوا احد
Shadagallahul ‘adzim
صدق الله العظيم

Jika yang terpasang pada tablet Sagusatab IGI Anda adalah Google keyboard, cara setingnya tunggu tulisan Seri Sagusatab IGI berikutnya.

(Bersambung)

Salam Pergerakan Pendidikan!

Mampuono
Sekjen IGI

#menulislah5menit#

Comments

comments

LEAVE A REPLY