SAMSUNG GALAXY A8 WOW KEREN

0
35

Sharing And Growing Together Ikatan Guru Indonesia – Binus School Simprug – Jakarta, 6-7 Mei 2017

Oleh Dede Wahdiati

Guru SMKN 9 Pandeglang/Pengurus IGI Pandeglang Banten

Seiring dengan perkembangan jaman teknologi dapat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Kualitas pendidikan ditentukan oleh stakeholder pendidikan di Indonesia. Guru diharapkan mampu dalam meningkatkan kualitas melalui berbagai macam pelatihan. Guru yang siap pakai, guru yang mampu menerapkan media pembelajaran di kelas. Guru diwajibkan menggunakan media pembelajaran di kelas. Media pembelajaran yang dapat digunakan guru salah satunya adalah media pembelajaran berbasis android.

Pada tanggal 6-7 Mei 2017 MRD “Danang Hidayatullah” sebagai Co dist Samsung Galaxi A8 S Pen untuk wilayah DKI dan Banten dan Staf Khusus IGI Pusat, mengadakan Kegiatan Pelatihan Guru “Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android” di sekolah internasional “Binus School Simprug” pada tanggal 7-6 Mei 2017. Kegiatan inipun disambut baik oleh guru pecinta android Samsung Galaxy A8. Kegiatan pelatihan ini merupakan ajang kopi darat (KOPDAR) pecinta A8 dengan para Coach handal diantaranya : Danang Hidayatullah (Jakarta), Elyas (Yogyakarta), Abd. Aziz Rofiq (Banten), Ag. Gigih SN (Jakarta), dan Nenny Ekasari (Sukabumi).

Peserta dalam kegiatan pelatihan guru terdiri dari 80 orang guru-guru yang haus dalam meningkatkan kompetensi yang datang dari Lampung, Pandeglang Banten, Tangerang Banten, Bogor, Sukabumi dan Jakarta. Peserta rela meninggalkan keluarga dan bermalam di rumah saudara (Veranika dan Nur Azizah) selama 2 hari. Peserta juga rela menyisihkan waktu liburnya untuk kegiatan ini. Guru-Guru IGI (IGIers itu memang luar biasa.

Pelaksanaan kegiatan pada hari pertama sabtu, 7 Mei 2017 di lantai 7 dengan suasana yang menyenangkan dibuka oleh Ketua IGI Wilayah DKI “Iwan Ridwan”. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kesatu coach Elyas yang menyampaikan betapa dahsyatnya media android dalam pembelajaran salah satunya yang disampaikan tentang boat telegram dan ebook. Boat telegram dan ebook dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas sebagai media. Kemudian dilanjutkan oleh coach kedua “Abd. Aziz Rofiq” yang menyampaikan materi Sparkol (Video Scribe) yang dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran. Disela-sela coach Elyas menyampaikan materi kitapun mendengarkan kata sambutan Mr. Peter dari pihak manajemen Binus School Simprug.

Pada hari kedua tidak kalah hebatnya dengan kegiatan pada hari sebelumnya. Tempat pelatihan dipindahkan ke lantai 8. Dalam ruangan tersebut kegiatan pelatihan guru semakin menggelegar. Semangat para guru dalam menerima materi pelatihan semakin tinggi, sehingga semua guru tidak menyadari bahwa hari sudah sore dan jam sudah menunjukkan pukul 17.30. Materi hari kedua adalah tentang games Kahoot (Danang Hidayatullah, dilanjutkan penggunaan Snote dan ADV Screen Recorder (Gigih), Design Grafis (Dahli), makeblock (Yully Rahmawati), dan Webex (Nenny Ekasari). Dan acara ditutup langsung oleh tuan rumah dan penyelenggara kegiatan “Danang Hidayatullah”.

Dibuat di Pandeglang, 08 Mei 2017

Comments

comments