PUASA BUKAN BERARTI LIBUR BELAJAR

0
339

Awal Desember 2017 ada japri masuk, ternyata dari seorang guru muda yang peduli akan daerahnya. Guru tersebut adalah Pak Yandri yang prihatin dengan tingkat kualitas guru yang sangat rendah di bawah daerah lain. Pak Yandri bertanya bagai mana prosedur agar maluku bisa juga pakai webex seperti Sadar IGI. Setelah saya beritahu prosedurnya, awalnya beliau agak malu karena harus minta ijin dahulu kepada Pak Gatot selalu Direktur Seameo yang telah berbaik hati mengijinkan kami guru guru Indonesia memanfaatkan webex dimalam hari.

Setelah mendapat restu dari pak Gatot, Sepakat lah kami membuat kegiatan Online dengan Nama Maluku Belajar. Yang kami mulai Tanggal 3 Desember 2017. Kegiatan Pertama masih ada kendala dimana pemateri yang dalam perjalanan ke Surabaya sehingga belum dapat mengisi seperti yang direncanakan, dan belum adanya yang merekam kegiatan sehingga sangat sayang sekali. Sehingga kami dari Tim Sadar IGI berniat jika memungkinkan membantu dalam proses rekaman kegiatan Maluku Belajar.

Awal Pelaksanaan masih di kisaran 17-an guru guru Indonesia yang bergabung, tapi makin minggu makin ramai kegiatan Maluku belajar di hadiri guru guru Indonesia untuk belajar. Walaupun kegiatan ini dilakukan di hari libur namun tidak menyurutkan keinginan guru guru guna menambah wawasannya secara online. Alhamdulillah di akhir penghujung sebelum bulan Ramadhan Maluku Belajar sudah mencapai 20 Episode, dan akan kemballi lagi di awal bulan Syawal atau habis lebaran.

Lalu selama Ramadhan libur dunk belajarnya, etttttt gak dunk, karena kami ada kegiatan offlinenya, dimana bisa di kunjungi melalui telegram dengan alamat t.me/maluku belajar. Dan berikut kami berikan link youtube buat bapak ibu guru hebat seluruh Indonesia yang terlewat kegiatan kerennya pak yandri untuk belajar selama libur puasa.

 

No # Judul Link #

2 Merancang Ujian Berbasis Komputer https://youtu.be/5uT6eckx62g
3 Kupas tuntasPPGJ 2018 https://youtu.be/5dnAKTSQHwY
4 Excell untuk PTK https://youtu.be/W8Wy6k1L7JY
5 TRik dan tris lolos symposium dan lomba guru berprestasi https://youtu.be/V2LWjubMgXs
6 Andoid yang memabukkan https://youtu.be/r0yPpJvmud4
7 Setelah lulus, mau jadi apa https://youtu.be/DrCoyGLjoAI
8 Penilaian Pengetahuan dan sikap berbasis android http://bit.ly/MalukuBelajar8
9 Memaksimalkan Powerpoint dengan Kepo In https://youtu.be/J4daHGhNx58
10 Membuat Database Nilai Siswa dengan MS Excell https://youtu.be/vfq59xT-8ik
11 Augmented Reality https://youtu.be/ge0X3oylgN8
12 Macro-ms excell https://youtu.be/9z_UAbkdO1k
13 Cara Praktis Modul Digital https://youtu.be/jP0O8qD81_8
14 Inovasi Qr-code dalam pembelajaran https://youtu.be/o_Fzmc-Viw0
15 mewujudkan belajar sambil bermain dan berkarya https://youtu.be/wmqvN0fPA0g
16 Dongeng Membangun Kreativitas Guru https://youtu.be/Mc9mJTyLFuA
17 Administrasi Guru berbasis Adroid https://youtu.be/quNdbKVLkQs
18 Canvas sebagai media pembelajaran https://youtu.be/ilLjd1hKBOc
19 Membuat Kelas Virtual dengan Classnotebook https://youtu.be/u8XSWtWMJv0
20 Membuat media pembelajaran dengan Sway bersama sagubasway

Semoga apa yang kami hadir kan ada manfaatnya buat bapak ibu guru hemat seluruh Indonesia. Terima Kasih Sekali Lagi buat Pak Gatot Direktur Seameo dan Pak Abi yang sudah berbaik hati meminjamkan room webexnya. Selamat libur puasanya, maaf lahir batin jika ada salah salah kata selama pelaksanaan kegiatan Maluku belajar.

Bogor, 13 Mei 2018

Umi Tira Lestari-Bogor
KTA 201602200000001

 

Comments

comments