PENGGUNAAN POWER POINT DENGAN VBA DAN KOMIK UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN

0
450

 

RIA ASMARANI, S.Pd

SDN 9 Teluk Pakedai

Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik sangat gencar dilakukan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) diberbagai daerah. Pada Tanggal 19-20 Desember 2016 IGI Kalbar melaksanakan kegiatan TOC (Training Of Coach) untuk wilayah Kalbar bertempat di Servis Center Samsung Pontianak. Sebelumnya pendaftaran melalui email igi.kalbar, dan terpilih dari beberapa daerah wilayah kabupaten dan kota. Saya termasuk salah satu yang lulus untuk mengikuti kegiatan TOC tersebut mewakili wilayah kabupaten Kubu Raya.

Hari pertama kegiatan pada tanggal 19 desember keiatan dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib. Diawal kegiatan dibuka dengan pengenalan IGI secara lebih dalam yang di sampaikan oleh Bapak Hengky Wahyudi dan Bapak Mahrani Arifin selaku pengurus IGI Wilayah Kalbar. Peserta menjadi lebih mengetahui visi dan misi IGI dalam meningkatkan kompetensi guru Di Indonesia. Sehingga kami terutama saya tertarik dalam mengikuti dan mendukung kegiatan IGI ini. Dilanjutkan dengan kegiatan yang di sampaikan oleh Bapak Abdul Karim selaku Instruktur Nasional IGI dalam pengenalan dan penggunaan komik dan power point VBA dalam dunia pendidikan.  Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan produk samsung yang di sampaikan oleh Ibu Sekar. Dimana peserta dapat mengetahui berbagai produk samsung dan penggunaan aplikasi yang terdapat didalam prangkatnya untuk kepentingan kerja terutama di dunia pendidikan berbasis IT. Sangat menarik IGI yang berkerjasama dengan Samsung untuk melakukan kegiatan yg berbasis IT untuk dunia pendidikan. Dimana sekarang mengakses ilmu tidak hanya melalui buku tetapi juga melalui Internet. Guru dan siswa menjadi tidak gagap dalam menggunakan informasi teknologi yang semakin canggih. Walau ada beberapa kendala ketika ketempat tugas kami nantinya belum ada nya fasilitas atau leletnya jaringan internet bahkan belum terjamahnya listrik. Tapi saya tetap antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Pada hari kedua dilanjutkan kegiatan dengan menggunakan perangkat dan aplikasi yang ada pada laptop dan gadget. Dengan membentuk beberapa kanal yang nantinya diharapkan mampu dalam membagi ilmu yang didapat kepada guru-guru yang lain nya sebagai pelatih (coach). Pemilihan kanal ini sesuai dengan minat dari para peserta. Pembuatan komik pembelajaran di pandu oleh Bapak Mahrani Arifin. Penggunaan power point untuk guru dalam membuat soal laihan atau test di pandu oleh Bapak Abdul Karim. Satu guru satu blog yang di pandu oleh Ibu Noberta.

Dalam pelatian komik pembelajaran kami para peserta dapat lebih mengetahui peranan komik dalam media pembelajaran bahkan bisa membuat komik pembelajaran itu sendiri. Langkah-langkah dalam pembuatan komik sangat detail diberikan oleh instruktur, sehingga kami dapat membuat hasil komik sendiri dengan menggunakan aplikasi dan foto-foto yang dipilih untuk keperluan pembelajaran. Dengan komik sebagai media pembelajaran kami yakin sangat menarik bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga diharapkan mutu pendidikan akan lebih meningkat dari yang sebelumnya.

Pada penggunaan power point untuk membuat soal latihan atau test, kami juga dipandu secara detail langkah-langkah dalam membuat sebuah soal. Dengan sabar dan terampil instruktur memberikan arahan dan menjawab pertanyaan dari para peserta,hingga peserta berhasil dalam membuat soal dengan menggunakan power point VBA. Saya merasa sangat terbantu dan terbuka wawasan bahwa dengan IT tidak hanya mampu mengurangi penebangan pohon namun juga dapat berkerja lebih mudah dalam menggunakan IT.

Selama ini keterbatasan pengetahuan serta jauhnya akses internet di daerah sangat perlu dilakukan pelatihan seperti yang IGI laksanakan agar peningkatan kompetensi guru dapat secara merata di seluruh Indonesia. Saya merasa sangat berterimakasih kepada IGI dan Samsung kerena telah melaksanakan pelatihan yang sangat dibutuhka bagi para guru. Semoga kedepan IGI lebih maju sebagai organisasi dalam meningkatkan kompetensi guru.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here