PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM TOC IGI BERSAMA SAMSUNG

0
261

Oleh: Widadi, PP IGI

Jakarta-IGI. Sahabat guru Indonesia. ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia adalah sebuah langkah besar. ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia adalah sebuah langkah mulia. ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia adalah sebuah fenomena.

ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia disebut sebagai sebuah langkah besar karena melibatkan perusahaan raksasa yang telah terbukti menghasilkan produk-produk unggulan berkualitas termasuk di dalamnya Samsung Galaxy Tab A 8 With S Pen yang multi fungsi. ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia disebut sebagai sebuah langkah mulia karena melibatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan guru hebat yang akan naik tingkat menjadi coach hebat. ToC IGI bersama PT. Samsung Elektronik Indonesia disebut sebagai sebuah fenomena karena mampu mengubah paradigma dari guru jadul menjadi guru masa kini, dari guru apa adanya menjadi guru mulia. Mulia karena karya.
Sahabat guru Indonesia, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa saat ini pemerintah tengah giat-giatnya menerapkan Kurikulum 2013. Dalam menerapkan Kurikulum 2013 kita para guru diharapkan agar dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Apakah yang dimaksud dengan pendekatan saintifik? Pendekatan santifik adalah pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran yang terdiri dari langkah-langkah kegiatan seperti: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan informasi. (Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Lampiran IV).

Sebagaimana telah kita ketahui bersama pula bahwa sejauh ini semua ToC IGI bersama Samsung juga telah menggunakan pendekatan ini dalam setiap pelatihan yang dilakukannya. Apa buktinya? Marilah kita cermati uraian singkat berikut ini.

Semua ToC yang dilakukan IGI bekerjasama dengan Samsung telah menggunakan pendekatan saintifik dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan informasi. Pada kegiatan mengamati ini hampir disetiap awal pelatihan semua peserta mulai meraba, memegang, membaca petunjuk, mendengarkan penjelasan coach, menyimak penjelasan coach dan melihat-lihat tayangan pada tab dan screen. Kegiatan semacam ini bertujuan mengajak peserta pelatihan untuk memaknai sebuah proses pembelajaran. Kompetensi seperti apakah yang ingin dikembangkan dari kegiatan mengamati ini? Kompetensi yang ingin dikembangkan adalah melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Kemudian pada kegiatan menanya. Seringkali para coach mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang telah diamati oleh peserta pelatihan atau sekedar mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Kompetensi seperti apakah yang bisa dicapai dari kegiatan menanya ini? Kompetensi yang bisa dicapai dari kegiatan menanya ini adalah mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk sikap kritis yang sangat diperlukan untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Selanjutnya pada kegiatan mengumpulkan informasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran/ pelatihan yang berupa percobaan, membaca sumber lain selain yang terdapat pada Tab A 8 Sagusatab IGI, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi seperti apakah yang bisa dikembangkan dengan kegiatan ini? Kompetensi yang bisa dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi ini adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Lantas bagaimana pula dengan kegiatan mengolah informasi? Kegiatan mengolah informasi merupakan kegiatan pembelajaran/pelatihan dengan cara mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan maupun hasil dari kegiatan mengamati. Kompetensi apakah yang bisa dikembangkan pada kegiatan ini? Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengolah informasi adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.

Nah sahabat guru hebat, selanjutnya kita sampai pada kegiatan mengkomunikasikan. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran/pelatihan yang berupa menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Adapun kompetensi yang bisa dikembangkan dengan kegiatan ini adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Nah sahabat guru mulia, demikian ini setidaknya yang telah saya ikuti dan rasakan berkaitan dengan pendekatan saintifik pada ToC IGI bersama Samsung. Seandainya sahabat guru ingin menyaksikan video tutorial tentang pendekatan saintifik ini, silakan buka youtube dan ketik: pendekatan saintifik 1-widadi, dst. Insya Allah semakin paham.

Sumber bacaan:
Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here