OPTIMALISASI TABLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

1
4409

By Sismanto HS
Berkembangnya teknologi informasi secara cepat yang ditemukan dari hasil penemuan maupun penelitian sehingga para ahli teknologi informasi dapat menemukan media-media komunikasi informasi yang dapat berkomunikasi satu arah maupun dua arah, dapat menemukan komputer, laptop dan tablet yang membantu proses pembelajaran.
Perkembangan informasi global semakin tampak dirasakan oleh masyarakat, baik dalam kebutuhan barang, layanan maupun jasa. Penemuan teknologi informasi ini tentu saja mengubah cara pandang dan berpikir manusia untuk bisa beradaptasi secara cepat dan masif seiring dengan berkembangnya teknologi. Teknologi berkembang mulai dari analog ke digital, dari tulis tangan, komputer ke teknologi informasi tablet.
Begitu juga seseorang yang berprofesi sebagai guru seperti saya. Dahulu ketika tanpa adanya teknologi informasi yang seperti sekarang ini, sebelum mengajar saya membuat administrasi pembelajaran sebagai tugas wajib guru dan juga media pembelajaran yang sesuai untuk diajarkan kepada anak didik.
Sekedar diketahui media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru untuk merangsang cipta, rasa, dan karya  sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah pembelajaran ataupun terjadinya proses belajar yang baik.
Biasanya media pembelajaran berkaitan dengan bentuk fisik  atau menyampaikan prosedur di depan anak didik, misalnya ketika saya akan mengajarkan cara membuat jus tomat dengan menggunakan metode  CDT (Component Display Theory), sebuah teori mengingat fakta, konsep, dan prosedur maka saya akan menuliskan konsep dan prosedur pembuatan jus tomat di papan tulis.


Sekarang dengan berkembangnya teknologi informasi, metode pembelajaran yang awalnya manual saya tuliskan di papan tulis kemudian bergeser menjadi saya paparkan di slide presentasi tentang konsep dan fakta jus tomat di layar infocus yang saya koneksi kan dengan komputer PC maupun laptop terlebih lagi ketika era tablet khususnya Samsung A8 yang support terhadap pengembangan media pembelajaran. 
Disamping pengungkapan fakta dan konsep di layar Infocus, prosedur pembuatan jus juga bisa saya lakukan dengan menampilkan slide pembuatan jus tomat ataupun juga bisa ditampilkan video prosedur pembuatan jus tomat. Hal ini akan semakin menarik minat siswa untuk mempelajari atau melakukan prosedur pembuatan jus tomat dengan melihat tutorial yang ada di slide.
Dengan demikian, perkembangan teknologi informasi di tablet akan semakin membuka peluang-peluang baru bagi pengembangan media pembelajaran yang mudah diimplementasikan oleh semua guru di Indonesia. Oleh sebab itu, saat ini teknologi informasi sudah menjadi keharusan bagi guru di Indonesia, terlebih untuk mengahadapi tuntutan kebutuhan bangsa Indonesia akan sebuah masyarakat yang berbasis literacy digital.


* Anggota IGI Kutai Timur dan Analis Kebijakan Pendidikan

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini