MENGAPA MAJENE??

0
206

Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia telah menetapkan Majene sebagai tempat pelaksanaan Rakornas I Ikatan Guru Indonesia.
Majene adalah kota pendidikan provinsi Sulawesi Barat, sementara Sulawesi Barat adalah provinsi termuda di Indonesia yang beribukota di Mamuju.
Tak banyak provinsi yang menetapkan ibu kota kabupaten yang bukan ibu kota provinsinya sebagai kota pendidikan tetapi Sulbar melakukan itu.
Universitas Sulbar, PTN baru di Sulbar ditempatkan di Majene bahkan LPMP Sulbar pun ditempatkan di Sulbar.
Menurut saya, ini adalah sebuah trobosan baru untuk tidak menumpuk pusat-pusat pertumbuhan pada daerah tertentu. Mungkin provinsi itu secara keseluruhan akan terlihat lambat bertumbuh ibu kota provinsinya tetap mereka akan tumbuh secara merata di seluruh Kabupaten/kotanya.
Hingga kini, semua daerah di Sulbar masih berstatus Kabupaten, termasuk Ibu kota provinsinya, hal inilah yang mendorong saya mengajak kawan-kawan IGI menjadi saksi bahwa di wilayah Indonesia ini, ada juga provinsi lain selain yang sudah terlalu sering disebutkan.
Dibanding provinsi baru lainnya, IGI Sulbar termasuk IGI Wilayah yang tumbuh pesat, dengan hanya 6 kabupaten/kota, IGI Sulbar bertengger di urutan 11 dalam hal jumlah anggota, bahkan sempat masuk 7 besar Indonesia. Rekruitmen anggotanya pun relatif merata, hal yang sangat berbeda dibanding provinsi dengan anggota besar seperti Sulsel, Aceh, Kalsel dan Jateng yang meskipun jumlah anggotanya sangat banyak tapi masih ada kabupaten/kota yang anggotanya dibawah 10 guru.
Apa yang menarik dari lokasi pelaksanaan Rakornas?
LPMP Sulbar yang akan menjadi pusat pelaksanaan Rakornas dan diharapkan gerakan guru saudara tetap berlangsung di Majene ini. Guru saudara dalam faktanya betul-betul sukses mempersaudarakan guru-guru antara guru tamu dan guru tuan rumah. LPMP Sulbar di Majene memiliki “view” yang sangat indah, seperti memandang pantai dari gunung. Mata kita akan dimanjakan dengan keindahan laut pantai majene dari Aula LPMP Sulbar. Kuliner sulbar pun masih terbilang unik, kita masih menemukan makanan pokok khas mandar dengan bahan dasar ubi atau pisang disana. Mereka pun memiliki ikan segar dengan masakan khas ala Mandar.
Mejene juga dikenal dengan penduduknya yang sangat ramah dan Insya Allah guru-gurunya pun akan sangat ramah dan menyambut kawan-kawan IGI.
Itulah Mejene, yang terletak di ujung barat Sulawesi Barat.
Sulbar akan semakin nikmat jika anda menempuh perjalanan darat dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Majene atau juga perjalanan dari Bandara Tampa Padang Mamuju menuju LPMP Sulbar, maka itu pilihlah perjalanan siang hari untuk menikmati semuanya, meski itu tidak mudah karena hampir semua bus besar memilih perjalanan malam sehingga saat terbangun, anda sudah tiba di Majene.
Makassar, 4 Juni 2017

Muhammad Ramli Rahim

Comments

comments