MELALUI TOC, IGI DAN SAMSUNG MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

0
253

HAIRANI

SMP 5 Sekayam, Sanggau, KALBAR

Training of coach (TOC) yang diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 19 sampai tanggal 20 Desember 2016 di Service Center Samsung Pontianak berlangsung dengan lancar serta mendapat sambutan hangat dari para peserta. Para peserta yang merupakan utusan dari beberapa kabupaten kota di Kalimantan Barat sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan. Pemateri yang mengisi kegiatan Training of coach (TOC) tersebut yaitu bapak Abdul Karim yang merupakan master komik yang juga Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru IGI. Beliau menyampaikan materi dengan santai namun tetap serius, sehingga saya sebagai peserta tidak merasa bosan. Bahkan saya merasa sangat kurang waktu dua hari kegiatan pelatihan ini. Waktu terasa cepat berlalu, sementara masih banyak yang ingin saya pelajari.

Pada pelatihan TOC ini mempelajari mengenai pembuatan komik, powerpoint dan lectora. Komik, powerpoint dan lectora ini sangat membantu sekali bagi guru dalam mengajar. Dengan aplikasi tersebut dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi serta membantu siswa memahami materi pembelajaran. Dari kegiatan pelatihan ini masih banyak hal yang ingin saya pelajari mengenai komik, powerpoint dan lectora. Powerpoint yang saya rasa sudah biasa saya gunakan ternyata masih banyak bagian-bagian yang perlu saya pelajari lagi sehingga menjadi powerpoint yang menarik sebagai media pembelajaran. Karenanya harapan saya perlu ada tindak lanjut ataupun tambahan toturial dalam mempelajari beberapa aplikasi tersebut, dua hari merupakan waktu yang singkat untuk bisa mengusai semuanya.

Saya sebagai peserta Training of coach (TOC) sangat senang diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Menurut saya kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar sehingga diharapkan proses pembelajaran di sekolah menarik serta menyenangkan yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini lah yang membuat saya sangat tertarik mengikuti TOC karena adanya keinginan saya  memperbaiki proses dan hasil belajar siswa ketika mengajar serta untuk menunjang pembelajaran supaya tercipta pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.

Salah satu kelebihan pelatihan ini adalah kita sebagai peserta langsung membuat sendiri media pembelajaran atau ada produk yang dihasilkan secara mandiri selama mengikuti TOC. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan ini merupakan literasi produktif. Ketika kita membuat sendiri produk tersebut kita menjadi lebih paham dan mengerti dengan materi atau aplikasi yang yang dipelajari.

TOC adalah training of coach, sebuah diklat untuk melahirkan pelatih. Sebagai seorang pelatih tentunya sebelum melatih orang lain, pelatih tersebut sudah terlatih terlebih dahulu. TOC tidak hanya menghasilkan guru terlatih, tetapi juga guru yang siap berbagi, sebagaimana slogan IGI, Sharing and growing together. Hal ini sejalan dengan motivasi saya mengikuti TOC yaitu dengan mengikuti TOC menjadikan proses belajar  bagi saya sehingga saya mendapat bekal untuk dapat berbagi kepada teman sejawat di daerah.

Terselenggaranya Training of coach (TOC) ini tidak terlepas dari dukungan beberapa pihak. Karenanya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Samsung atas dukungannya terhadap kegiatan ini. Terima kasih juga kepada trainer pusat bapak Abdul Karim atas ilmu dan kesabarannya dalam melatih kami serta terima kasih kepada pengurus IGI wilayah Kalimantan Barat yang juga memfasilitasi kegiatan pelatihan ini.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here