Liburan Sekolah, IGMP Kimia dan IGI Balangan Gelar Workshop Pembuatan Media Pembelajaran “Videoscribe”

0
88

Balangan (30/06/2017). Di tengah masih libur lebaran dan libur sekolah, ada yg berbeda yg dilakukan oleh guru guru di Balangan. Diprakarsai dan diselenggarakan oleh IGI Balangan melalui Ikatan Guru Mata Pelajaran Kimia (IGMP Kimia) bekerjasama dgn Rumah Sains Balangan (RSB) melaksanakan Workshop Nasional pelatihan pembuatan animasi videoscribe dengan tema “Guru Kreatif Hasilkan Siswa Aktif” dilaksanakan selama 3 hari yg bertempat di MAN 1 Balangan Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan. Menurut ketua IGMP Kimia Pusat sekaligus Ketua Rumah Sains Balangan (RSB) Zulfah Magdalena S. Pd,. M. Si, kegiatan ini dilaksanakan dr tgl 30 juni sd 2 juli 2017 dgn metode tatap muka dan dilanjutkan dgn pembelajarn menggunakan media online dgn hasil akhir pengumpulan hasil karya setiap peserta. Adapun peserta workshop nasional kali ini selain diikuti guru guru di Balangan dari tingkat dasar sampai lanjutan atas, juga diikuti oleh guru guru dari daerah lain sprti Guru SMKN Sungai Durian Kotabaru, MAN kota Banjarbaru, SD Muhammadiyah Bjm, SMAN 3 barabai, SMAN 1 Angkinang Kandangan, tidak ketinggalan mahasiswa asal Balangan baik dr Rakha Amuntai, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Jakarta dan UIN Bandung.

“Peserta Pelatihan berjumlah 29 orang dari dijadwalkan 30 orang, 1 orang berhalangan hadir. Kegiatan ini memang didesain untuk jumlah peserta sedikit ( kelas kecil) agar semua peserta benar benar bisa belajar dengan maksimal dan juga memudahkan pelatih untuk membimbing, sehingga diharapkan di akhir pelatihan semua peserta minimal 80% telah menguasai materi, sehingga saat pelatihan lewat moda daring, hanya pemantapan, praktek dan juga Publis ke YouTube media Pembelajaran yang dibuat”. Terang Zulfah

Sparkol Videoscribe sendiri menurut nara sumber Imran Rosyadi, yg merupakan koordinator pelatih IGI nasional yg berdomisili di Sulawesi Selatan mengatakan, adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah video dengan animasi unik dan keren diantaranya animasi tulis tangan, sehingga akan membuat peserta didik lebih suka dan terhibur dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, software ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi, presentasi, bisnis online dan kegiatan lainnya. Dengan adanya software ini, kita akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan, karena kita tidak perlu menyajikan sesuatu yang panjang dan bertele2.

Imran Rosyidi menerangkan ” Sekarang Guru harus lebih kreatif dalam memilih dan membuat media yang digunakan, karena siswa siswa yang di hadapi bukan lagi siswa abad 19 tapi sudah abad 20 yang sangat canggih dan ahli dalam pemanfaatan ICT, tidak mustahil, jika guru hanya menggunakan model lama dalam mengajar, membuat siswa jenuh dan tidak aktif karena, mereka bisa mendapatkan materi itu bahkan lebih karena mereka selalu update materi terbaru di Google dan media online lainnya. Sehingga Guru harus lebih kreatif membuat media pembelajaran seperti Animasi Videosribe ini” Terang Imran.

” Animasi ini sudah lama, bahkan banyak terdapat di internet bahkan tutorial pembuatannya, sehingga animasi ini bukan barang baru. Tetapi kita para guru terkadang belum bisa memanfaatkan aplikasi ini, untuk itulah kita belajar kembali dan memanfaatkan aplikasi ini menjadi media pembelajaran yang menarik sehingga siswa tertarik dan aktif belajar” kata Imran.

Pak Imran memberikan apresiasi kepada semua peserta pelatihan, karena menurut beliau, peserta sangat antusias, bersemangat dan juga cepat menyerap materi yang disampaikan, karena baru sekitar 3 jam pelatihan, peserta sudah menguasai materi, tinggal praktek dan membenahi langkah langkah pembuatan Videosribe. Selanjutnya setelah makan siang diteruskan semua peserta, dipinta membuat Animasi Videosribe sederhana yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dari awal sampai menjadi video dan dipresentasi ke depan. Lebih dari 80% peserta pelatihan telah mampu membuat Animasi Videosribe sederhana. Tinggal pemantapan dan Publis ke YouTube agar bisa berbagi dengan guru guru, pelajar dan masyarakat umum.

Nasdianur irawan, salah satu peserta dr SMAN 1 Juai mengaku bangga dan senang mengikuti acara ini krn selain menambah ilmu dan wawasan utk media pembelajaran jg bs ketemu dgn kwn2 dulu waktu kuliah apalagi ini msh dlm suasana lebaran. Sedang Bapak Drs. Suroso guru Dari MAN Kota Banjarbaru merasa puas, karena pelatihnya benar benar membimbing, dan melatih sampai benar benar bisa, tidak sis sia datang jauh jauh dari Banjarbaru, karena ilmu yang diperoleh sangat berharga untuk diri sendiri dan anak didik.

Comments

comments