KOMITMEN BUAT IGI

0
167

SUCI KURNIA, M.Pd

IGI Sumbawa Barat NTB

Pada pagi yang cerah disela-sela saya mengajar saya mendapat kabar dari sesama anggota IGI Kab. Sumbawa Barat. Kabar tersebut cukup membuat hati saya gembira, sekiranya Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah NTB dalam meyambut HUT NTB yang ke-57 akan menyelenggarakan TOC (Training Of Coach) di Mataram. Dari kegiatan TOC diminta kepada IGI tiap-tiap Kabupaten untuk mengirimkan utusannya. Mendengar kabar tersebut langsung IGI Kab. Sumbawa Barat mengadakan rapat dan membahas tentang hal tersebut.

Kegiatan TOC tersebut kebetulan diadakan pada tanggal 17-18 Desember 2016, dimana hari tersebut menjelas libur semester. Saya langsung mempersiapkan diri saya untuk kegiatan TOC tersebut. Saya segera meminta izin kepada Kepala Sekolah saya, selaku pimpinan di tempat saya bertugas. Setelah saya menghadap Kepala Sekolah syukur alhamdulillah saya diberikan izin. Bapak kepala sekolah saya mendukung dan support tentang kegiatan yang dilakukan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia). Bapak Kepala Sekolah dengan sigap langsung memanggil stap TU untuk segera membuatkan surat tugas untuk kegiatan TOC tersebut.

Setelah semua persyaratan saya siapkan, tak lupa saya langsung membeli Tab Samsung A8. Tab samsung A8 merupakan salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan TOC tersebut. Saya sangat tertarik dengan Tab samsung A8 karena fitur-fitur yang ada didalamnya sangat mendukung sekali didalam proses belajar mengajar di kelas. Sekilas saya mengenal Tab samsung A8, dan yang membuat saya tertarik lagi karena ada dari pihak samsung sendiri yang akan memberikan penjelasan langsung tentang kelebihan-kelebihan dari Tab samsung A8 pada kegiatan TOC nantinya.

Dengan perasaan gembira saya berangkat ke Mataram untuk mengikuti TOC. Tidak terasa 6 jam perjalanan darat dan laut akhirnya saya sampai di Mataram. Saya langsung menuju Wisma Seruni untuk beristirahat sejenak. Tepat jam 13.00 wita kami dijemput oleh panitia TOC. Kami sangat berterimaka kasih kepada pihak panitia yang telah melayani kami dengan sebaik-baiknya. Pada saat pelaksanaan TOC kami diberikan materi Animasi Drawing oleh Bapak Dahli Ahmad, M.Pd. Materi animasi drawing ini bagi saya akan sangat membantu di dalam proses belajar mengajar. Kami dapat menyiapkan materi di kelas dalam bentuk video animasi pembelajaran. Bapak Dahli dengan sabar membimbing kami secara runtut mulai dari menginstall program hingga mengenalkan fitur-fitur yang terdapat dalam program animasi drawing. Selangkah demi selangkah kami mulai bekerja dengan animasi drawing.

Kami belajar hingga tidak terasa waktu begitu cepat berjalan. Akhirnya kami dapat membuat video animasi drawing yang berisi materi pembelajaran. Kami sangat senang terlebih lagi Bapak narasumber akan memberikan hadiah Pin IGI kepada Bapak/Ibu yang pertama kali selesai Video animasi drawingnya. Kami disuruh mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kami semua senang dengan hasil kerja kami. Keesokkan harinya kami diberikan materi Menemu Baling (menulis dengan mulut, membaca dengan telinga). Materi ini terasa asing sekali bagi kami, rasa-rasanya ini hal yang mustahil bagi kami. Materi menulis dengan mulut dan membaca dengan teliga ini disampaikan oleh pak Yoel Iswanto, S.Pd. Setelah disampaikan dengan runtut kami baru mengetahui kelebihan dari Tab samsung A8. Setelah itu pihak samsung memberikan pengetahuan yang mendalam tentang kelebihan dari Tab Samsung A8 ini. Kami dari tidak tahu menjadi tahu tentang kelebihan Tab Samsung A8 ini. Kami dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana menjalankan program-program seperti S-note, Smart View, Gboard, dan lain-lain.

Bagi saya kegiatan TOC ini sangat membantu sekali khususnya guru-guru didalam mengembangkan potensi dan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar. Saya tidak menyangka bahwa Ikatan Guru Indonesia (IGI) khususnya IGI wilayah NTB dapat menyelenggarakan suatu kegiatan yang sebesar ini. Dari kegiatan TOC ini banyak hal yang dapat saya petik manfaatnya terlebih lagi saya dapat membuat animasi drawing, menemu baling, dan Tab Samsung A8. Dengan animasi drawing saya tidak akan kekurangan materi/bahan ajar di kelas. Semoga dengan pengetahuan yang saya peroleh dari kegiatan TOC ini akan dapat saya tularkan kepada teman-teman guru yang ada di daerah saya nantinya. Terima kasih Ikatan Guru Indonesia (IGI), terima kasih samsung, majulah IGI.., jayalah IGI… Salam Literasi.-

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here