KESAN MENGIKUTI TOC BANTEN

0
266

DESMAWATI
Cilegon, Banten

Bismillahirrohmanirrohiim, assalamualaikum warohmatllahiwabarokatuh
Perkenalkan, nama saya Desmawati, saya bertugas di SMAIT Raudhatul Jannah, Cilegon, tergabung dalam IGI, November 2016.

Alhamdulillah pertama kali kenal dengan IGI ketika mengikuti workshop IGI Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komik di Unbaja, Serang. Acara dibuka oleh Ketua Umum IGI, Bapak Muhammad Ramli Rahim. Sambutan beliau begitu memukau mengenai perjalanan IGI dan apa saja yang telah IGI lakukan. Luar biasa hal ini membuat saya sangat tertarik untuk tergabung dalam IGI.

Mengenai kesan saya dalam mengikuti Training Of Coach Banten, yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Desember 2016, di aula gudung DPRD Propinsi Banten membuat saya semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan IGI. Worshop yang dilaksanakan IGI tak bisa membuat guru hanya duduk diam. Para guru tertantang untuk bisa menguasai setiap materi yang diberikan. Bahkan waktu yang disediakan pun terasa sangat kurang Karena para guru ingin benar-benar mahir menguasai materi. Apalagi dengan media tablet Samsung A8, dimana aplikasi yang tersedia banyak menunjang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Saya sebagai peserta TOC sangat mengapresiasi para trainer yang memang sangat menguasai materi, kompeten, dan sabar dalam memberikan pelatihan kepada para guru-guru yang memang ingin tahu dan ingin bisa. Sebut saja Pak Banu dari Samsung. Beliau memperkenalkan aplikasi yang terdapat dalam tablet Samsung A8, bagaimana menghubungkan A8 dengan infokus. Kemudian aplikasi S Note yang banyak manfaatnya bagi guru baik untuk mengajar maupun membuat karya tulis yang selama ini dirasa cukup sulit bagi guru.

Pemateri kedua adalah Pak Danang Hidayatullah, pengurus IGI pusat yang sangat “jago” menggunakan tablet Samsung A8. Kami, para guru diberi latihan bagaimana membuat BARCODE dan memanfaatkannya dalam pembelajaran. Sangat luar biasa. Selama ini, saya hanya bisa melihat barcode pada produk-produk yang banyak beredar di pasaran, namun kali ini saya bisa membuatnya. Selain itu, Pak Danang juga menyampaikan materi cara membuat blogspot, SAGUSABLOG, Satu Guru Satu Blog. Mungkin ada beberapa guru yang sudah memiliki aplikasi ini, namun banyak juga guru yang belum bisa, termasuk saya yang selama ini ingin sekali dapat menulis pada media Blog. Pak Danang mengajarkan bagaimana cara membuat tulisan pada blog kemudian memberikan trik agar blog kita dapat terakses dengan mudah oleh para pembaca dan berasa pada rating atas.

Sebelumnya kami para guru yang tergabung dalam IGI wilayah Banten mendapatkan materi membuat media pembelajaran dengan SPARKOL dari Bapak Aziz Rofik. Lagi-lagi ini materi yang sangat sangat membuat para guru terkesima dan ingin cepat-cepat pandai dan menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah. Bagi saya, selama ini saya hanya bisa menikmati media ini ketika saya membuka situs Youtube. Waktu itu pada masa kampanye pemilihan walikota Bandung, saya sangat terkesan dengan video-video yang dibuat oleh tim sukses Bapak Ridwan Kamil dalam menyampaikan visi dan misinya. Dan sekarang saya baru tahu jika aplikasi itu bernama Sparkol. Terima kasih Pak Rofik atas segala ilmunya. Dan luar biasanya lagi Pak Rofik ini adalah guru PAI. Guru PAI yang mahir IT.

Terima kasih saya sampaikan juga kepada Ibu Yuli, trainer dari IGI wilayah Jakarta yang sudah memperkenalkan kami dengan media MENEMU BALING. Sebelumnya saya tahu media ini dari Bapak Ramli ketika memperkenalkan pada Worksop di UnBaja. Ketika pertama kali saya tahu ada aplikasi ini, saya sangat tertarik, lagi-lagi tertarik. Terbayang oleh saya bagaimana kemudahan mengajar dengan teknik ini. Dengan mengajar pada beberapa kelas parallel, media MENEMU BALING sangat memberikan kemudahan bagi guru.

Materi terakhir yang diberikan pada TOC Banten adalah pemaksimalan penggunaan media Power Poitn oleh Bapak Dahli. Pada sesi ini kami diberi latihan bagaimana cara memuat background slide pada Power Point dan bagaimana membuat link antarslide. Kami juga diajarkan bagaimana membuat soal dan membuat game dengan media Power Point.

Alhamdulillahh, dalam dua hari sangat banyak ilmu yang didapat oleh kami, terutama saya. Semoga saya bisa memanfaatkan ilmu ini dengan baik dan menularkannya kepada teman-teman di sekolah.

Terima kasih.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here