IGI Sulsel gelar Workshop Sagusof 365 di SMKN 1 Tana Toraja

0
232

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2018, Pengurus Wilayah Ikatan Guru Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, melaksanakan pelatihan serentak peningkatan kompetensi guruu berbasis TIK di 24 kabupaten/kota se provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini sekaligus sebagai pemecahan Rekor Dunia Indonesia/MURI sebagai pelatihan peningkatan kompetensi guru berbasis TIK dengan peserta terbanyak dan dilakukan secara serentak pada Hari Sabtu, 28 April 2018.

Salah satu kegiatan workshop ini dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja yang merupakan salah satu daerah tertinggal IGI di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tana Toraja dan di hadiri oleh 324 orang peserta dari unsur guru SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Materi kegiatan ini adalah pemanfaatan Microsof 365 dalam pembelajaran, sebagai nara sumber adalah pelatih nasional IGI, bapak Widi Astiyono, S.Ag, M.Pd yang merupakan Wasekjen IGI bidang Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) sekaligus sebagai Founder SAGUSAVI (Satu Guru Satu Video Pembelajaran. Dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan materi utama, yaitu Sagusof 365, nara sumber juga menyampaikan materi tentang SAGUSAVI sebagai materi tambahan.

Kegiatan berlangsung selama satu hari penuh, dimulai pada pukul 07.30 WITA dan diakhiri pukul 16.00 WITA. Pelaksanaan kegiatan workshop ini berjalan lancar dan sukses, para peserta mengikuti seetiap sesi kegiatan dengan antusias. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat daerah setempat, diantaranya Camat, Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja, Bupati/Sekda Tana Toraja serta pengawas pendidikan/sekolah se Tana Toraja.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, adanya kegiatan ini mampu menjadi motivasi untuk peningkatan kompetansi guru dan kualitas pendidikan di Tana Toraja. Demikian pula harapan yang sama disampaikan oleh Bupati yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kabupaten Tana Toraja, beliau juga mendorong agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkesinambungan untuk pendidikan di Tana Toraja menjadi lebih baik, khususnya peningkatan kompetensi guru. Perlu diketahui bahwa sebelum pelaksanaan pelatihan, juga mengikuti acara seremionial melalui video converenc, menyimak sambutan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia bapak Muhammad Ramli Rahim dan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Plt. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, bapak Sony Sumarsono.

Comments

comments