IGI POLMAN VISIT TO SCHOOL, MENCERDASKAN GURUMELALUI WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

1
445

Marni, S.Pd

Ikatan Guru Indonesia (IGI) kabupaten Polewali Mandar menggelar kegiatan awal di tahun 2017 yaitu kegiatan visit to school dengan agenda “workhshop pembuatan media pembelajaran berbasis animasi drawing dan digital class with edmodo”. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab.Polman dengan SKMN Limboro. Kegiatan ini di ikuti oleh 24 peserta yaitu  guru SMKN Limboro kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat di aula pertemuan pada hari Minggu Tanggal 5 Februari Tahun 2017.

Berada diantara para guru yang dominan belum mengetahui tentang keberadaan IGI di kabupaten Polewali Mandar, Bapak As’ad, S.Pd.I Selaku Ketua Umum IGI Polman mengawali acara Workshop dengan memaparkan over view IGI. Beliau menjelaskan dengan seksama bahwa IGI merupakan Organisasi Profesi Guru yang memiliki banyak keistimewaan, diantaranya adalah bahwa IGI merupakan Organisasi dari Guru oleh Guru dan untuk Guru dengan motto Sharing and Growing Together (Berbagi dan tumbuh bersama), lalu menjelaskan bahwa IGI merupakan sebuah organisasi yang bersifat independen dan juga organisasi yang bebas dari pungutan yuran bulanan. IGI merupakan Organisasi  guru yang sudah tidak patut diragukan kelegalitasannya dimana keberadaannya telah diakui secara hukum yaitu pada SK kemenkumham RI nomor : AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009.

Hasil prosentase Nilai rata-rata UKG tahun 2015 oleh Kemdikbud yang menunjukan bahwa Provinsi Sulawesi  barat berada pada posisi  ke 7 dari terakhir setelah  Provinsi Maluku Utara, Maluku, Aceh, Papua, Papua barat dan sulawesi tengah jelas mejadi tantangan yang besar bagi pengurus IGI Polman dalam mewujudkan  Visi dan Misi IGI diantara adalah Mewujudkan peningkatan Mutu Profesionalisme,kesejahteraan dan pengabdian kepada masyarakat, dimana Guru adalah ujung Tombak dari kemajuan Pendidikan. Sehingga lahirlah sebuah solusi bersama untuk mengadakan forum ilmiah berbasis Workshop tersebut, dimana tujuan utamnya adalah salah satu upaya meningkatkan komptensi para guru di SMKN Limboro.

Ibu Dra. Hj.A.MEGAWATI Selaku Pimpinan SMKN Limboro memberikan Apresiasi yang tinggi terhadap gebrakan yang terus di lakukan oleh IGI dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan terkhusus untuk para guru. Dalam sambutan pembukaan workshop, beliau sangat antusias menyampiakan hal-hal yang mungkin saja diserap oleh guru-gurunya dari organisasi IGI yang nyatanya sudah bergerak sangat signifikan terutama dalam hal berbasis Tekhnologi. Di akhir Sambutan, harapan besar di lontarkan oleh beliau kepada para seluruh guru yang berada dalam pimpinannya untuk mengikuti workshop itu dengan penuh kesugguhan sehingga dapat berguna dalam proses pembelajaran nantinya.

Materi Workshop pembutan media pembelajaran berbasis Animasi Drawing  di bawakan Oleh Bapak Abdul Mujid, S.Pd, M.Pd di awal materi. Beliau adalah pengurus inti dari IGI Polman yang menjabat sebagai Sekertaris, disamping menjabat sebagai sekertaris IGI Polman Beliau juga Salah satu guru berprestasi yang di miliki oleh Kabupaten Polewali Mandar, berbagai  Jenis Kejuaraan pernah diraihnya, baik itu melalui lomba-lomba pendidikan tingkat Nasional maupun tingkat daerah, dan pernah mendapat penghargaan guru berprestasi dari pemerintah Kabupaten Polewali Mandar di tahun 2012.

Pembutan media pembelajaran berbasis animasi drawing dengan memanfaatkan aplikasi sparkol di jelaskan tahap demi tahap dalam mengaplikasikannya. Paserta menunjukkan aksi interaktif bersama para pendamping pemateri, share ilmu, ide dan beberapa metode untuk menghasilkan karya yang bagus terlihat sangat menyenangkan.

Penggunaan media pembelajaran berupa video merupakan salah satu media yang akan di senangi oleh para siswa, pernyataan tersebut di paparkan oleh Bapak Asim, S.Pd yang juga merupakan pengurus inti IGI Polman, Beliau juga termasuk salah satu guru muda berprestasi di kabupaten polewali mandar, Ilmu yang di peroleh dari kegiatan TOT Media Pembeajaran Berbasis IT di Mamuju Prov.Sulbar bulan juli 2016 lalu, di share kepada para peserta workshop.

Ada hal menarik yang  nampak pada kegiatan ini, Ibu Dra.Hj.A.Megawati selaku Pimpinan yang telah membuka acara secara resmi tak meninggalkan ruangan setelahnya, beliau tetap berada dalam ruang pertemuan dan ikut mengikuti pelatihan tersebut dari awal sampai selesainya kegiatan, hal ini tentu mampu membakar semangat para peserta workshop.

Materi  Kedua setelah Ishoma dibawakan oleh Ibu Sohiba Sain, S.Pd dengan topik digital class with edmodo. Beliaupun tak kalah berprestasi dari pemateri-pemateri sebelumnya, beliu melihat workshop yang di adakan di SMKN Limboro ini adalah kesempatan emas untuk membagi ilmunya yang telah dia dapat dari berbagai sumber pelatihan, salah satu di antaranya adalah Pelatihan Di P4TK Yogyakarta tahun 2012.

Digital Class with edmodo merupakan salah satu pilihan efektif untuk di terapkan di jenjang Sekolah Menengah kejuruan, dimana  pada waktu tertentu SMK memiliki program yang disebut Pendidikan Sistem Ganda yang pada pelaksanaannya, siswa meninggalkan sekolah dengan melaksanakan praktek di dunia industri, namun pejaran tetap harus diberikan. Inilah salah satu fungsi dari edmodo, membuat kelas lewat jejaring internet yang memudahkan kita bertemu dengan para peserta didik. Dan dapat pula menjadi wadah sharing antar sesama pendidik serta masih banyak kelebihan lainnya

Menutup Materi Workshop Bapak Baharuddin Marendeng, S.Pd yang juga selaku Pengurus inti IGI Polewali Mandar tak lupa memperkenalkan Samsung Tab A8 kepada seluruh peserta Wokshop. Beberapa Fitur-fitur canggih yang dapat di gunakan dalam proses pembelajaran melalui alat pintar tersebut, di sarankan agar segera dimiliki oleh setiap guru. Penyampaian yang menarik tak luput mampu membuat para peserta untuk terus menanyakan kecanggihan-kecanggihan lain yang dimilikinya, penjelasan-penjelasan detail dengan dibarengi menujukan cara pemakain, membuat para peserta semakin kagum akan fitur dari alat canggih tersebut, jika ingin dapat lebih murah maka ibu/bapak sebaiknya segera bergabung dalam eanggotaan IGI, tukasnya.

Seluruh Peserta mengikuti kegiatan workshop dengan penuh kesungguhan, kegiatan workshop yang di adakan oleh IGI Polman bekerjasama dengan SMKN Limboro merupakan kegiatan peningkatan kompetensi yang di ramu dalam formula yang menyenangkan, begitu paparan dri salah satu peserta workshop. Tak hanya sekedar mendapatkan ilmu, ikatan persaudaraan dalam tali silaturahmi dalam kegiatan ini juga sangat di rasakan oleh para peserta.

Kegiatan kembali di tutup secara resmi oleh Pimpinan SMKN Limboro dengan memberikan apresiasi kepada para seluruh panitia pelaksana dan peserta yang telah bekerjasama dengan solid untuk menyukseskan kegiatan workshop tersebut. Mengakihri pertemuan Kembali Ketua Umum IGI Polman menyampaikan sebuah petuah  “JIKA APA YANG KITA TERIMA PADA HARI INI KITA MENGANGGAPNYA ADALAH HAL YANG BIASA MAKA KITA AKAN KELUAR DARI RUANGAN INI SEBAGAI ORANG YANG BIASA, DAN JIKA APA YANG KITA TERIMA PADA HARI INI KITA MENGANGGAPNYA ADALAH HAL YANG LUAR BIASA,MAKA YAKINLAH DENGAN SEPENUH HATI BAHWA KITA KELUAR DARI RUANGAN INI SEBAGAI ORANG LUAR BIASA”. Riuh gemuruh tepuk tangan dalam ruangan pertemuan mengakhiri kegiatan dengan penuh rasa syukur dan bahagia.

 

 

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakGAYA IGI
Artikulli tjetërGuru Tersengat Ayat
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here