IGI DAN TOC DI BANTEN  

0
462

PUJI WINDRIYANI, M. Pd

SMPN 10 Tangerang Selatan – Banten

TOC (Training Of Coach)  Angkatan ke-2 yang diadakan oleh IGI bekerjasama dengan PT. Samsung Elektronik Indonesia jatuh di Propinsi Banten pada tanggal 26-27 Desember 2016 tepatnya di  Gedung Seba Guna  DPRD Banten  dengan tema “ Mendidik Guru Membangun Bangsa” yang tentu saja tetap dengan motto IGI untuk Sharing and Growing Together.

Setelah mengikuti TOT ( Training Of Trainer) di Jakarta selama 2 hari dari tanggal 24-25 Desember 2016 tepatnya di Balai Diklat Kegamaan Jakarta Timur karena begitu tertariknya dan rasa keingintahuan yang tinggi maka esok harinya dilanjutkan dengan mengikuti TOC di Banten. Secara geografis memang memungkinkan untuk jarak tempuh baik TOT di Jakarta maupun TOC di Banten meski harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak Tangerang Selatan-Balai Diklat Keagamaan Jakarta Timur dan Tangerang Selatan – Serang Banten.

Kegiatan  TOC di  Banten dipimpin oleh Bapak TB. Saeful Bahri  selaku Ketua IGI Wilayah Banten dan Ketua panitia pelaksana adalah Ibu  Neli Fori Karliana yang  merupakan Ketua IGI Kabupaten Pandeglang. Pada TOC di  Banten dihadiri pula dengan  keynote speaker Ir. Eneng Nurcahyati  selaku ASDA II Provinsi Banten Bidang Pemerintah dan Kesra, sekaligus membuka acara.

Baik peserta maupun pelatih nampak antusias dan semangat walaupun kegiatan dilaksanakan dalam suasana cuti bersama dan liburan panjang serta cuaca hujan, hal tersebut nampak dari jumlah peserta yang melebihi quota dari 50i menjadi 52 peserta. Peserta yang hadir terdiri dari pengurus dan anggota IGI Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten dan kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak,  dan IGI Wilayah Banten, dan 1 orang peserta luar biasa dari Wajo Sulawesi

TOC Banten dilaksanakan dalam 2 hari di Gedung Serba Guna DPRD, oleh panitia setempat memang tidak disetting menginap melainkan seluruh peserta pulang pergi. Hal ini  mendorong tumbuhnya gerakan “Guru Saudara”.  Ada beberapa  peserta dan pelatih  bermalam di kediaman /rumah peserta yang terdekat dengan lokasi namun saya sendiri masih cukup waktu, semangat dan tenaga untuk mengikuti kegiatan TOC Banten tersebut dengan pulang pergi dari Tangerang Selatan ke Serang Banten. Suatu jarak tempuh yang cukup jauh untuk ukuran driver perempuan  namun karena terdorong mptivasi yang tinggi untuk mengikuti TOC maka semua itu bisa dilalui dengan rasa happy apalagi pada saat proses TOC berlangsung rasa saling berbagi ilmu menumbuhkan semangat untuk terus mengikuti hingga selesai.

Garis besar susunan acaraTOC Banten sebagai berikut:

  • Pembukaan oleh Ketua Wilayah Banten TB Saiful Bahri
  • Sambutan oleh ketua Panitia Ibu  Neli  Fori  Karliana selaku Ketua IGI Pandeglang
  • Pengarahan dari ASDA II Provinsi Banten oleh Ibu Hj.Eneng Nurcahyati.
  • Materi pertama adalah Optimalisasi Taduk PT. Samsung Elektronik Indonesia oleh Bpk. Banu Afwan Pribadi selaku  Manager Education and Government Samsung Indonesia.
  • Materi selanjutnya yaitu SAGUSABLOG oleh Bpk. Danang Hidayatullah  Staf Khusus Ketua Umum Bidang Hubungan dengan Lembaga Non Pemerintah dari DKI Jakarta
  • Materi terakhir hari pertama yaitu Animasi Drawing/Sparkol oleh Bpk. Abdul Aziz Rofik dari IGI Tangerang Selatan.
  • Acara hari pertama berakhir 00 Malam.
  • Acara hari kedua :Materi penggunaan Barcode Generator & Reader dan QR Scanner,oleh Bpk.  Danang Hidayatullah Staf Khusus Ketua Umum Bidang Hubungan Dengan Lembaga Non Pemerintah dari DKI Jakarta
  • Materi Pembuatan Komik pembelajaran oleh Ibu Nur Azizah Narasumber dari DKI Jakarta
  • Materi Menemu Baling oleh Ibu Yully Rachmawati narasumber dari DKI Jakarta
  • Materi Google Drive dan optimalisasi Power Point oleh Bpk Dahli Ahmad selaku Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan di IGI Pusat
  • Pelatih dan peserta tetap semangat dan antusias hingga kegiatan berakhir pukul 18.00 WIB

Tujuan TOC ini didesain untuk memenuhi standard  kompetensi seorang trainer yang nantinya bisa saling berbagi kepada sesama guru di Indonesia sesuai dengan motto IGI untuk Sharing and Growing Together.

Tangerang Selatan,  Desember 2016

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here