IGI dan Casio Bersepakat Meningkatkan Kemampuan Matematika dan Sains Guru Indonesia, Casio Siapkan Anggaran Rp.3,5 Milyar Untuk IGI

0
2784

Harus diakui, kemampuan matematika dan sains anak-anak Indonesia sangat rendah, jika ada kabupaten/kota yang mengatakan bahwa kemampuan matematika dan sains guru dan siswanya sudah sangat baik, ada baiknya yang bersangkutan digiring ke rumah sakit jiwa.

Berdasarkan PISA, kemampuan Matematika dan Sains anak-anak Indoesia jauh dibawah rata-rata Internasional, setiap 3 tahun sekali, peringkat Indonesia tak pernah beranjak lebih dari peringkat 8 dari bawah. Tahun 2012, berdasarkan PISA, kemampuan Matematika Indonesia berada di peringkat 64 dari 65 negara dengan kurang dari 1% siswa Indonesia memiliki kemampuan bagus di Matematika. Bahkan setiap jumlah negera peserta PISA ditambah, peringkat Indonesia pun semakin turun bahkan hingga 2015, Indonesia berapa pada peringkat ke-69 dari 76 negara yang berpartisipasi. 


Fakta inilah yang menggiring IGI tertarik menerima ajakan Casio untuk jalan bersama meningkatkan kemampuan matematika dan sains guru agar bisa berdampak ke siswa.
Setelah bersama-sama dengan Ibu Mutia dari Casio Singapura PTE LTD bersama Mr Hirokazu Satoh yang merupakan Chief Representative di Indonesia di Manokwari tanggal 12 Oktober 2016 lalu, saya kemudian menindaklanjuti pembicaraan dengan Casio di Lantai 14 Menara Cakrawala MH Thamrin, Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2016. Casio tertarik bekerja sama dengan IGI karena melihat pergerakan IGI yang sangat sesuai dengan keinginan Casio berpartisipasi dalam peningkatan kemampuan guru dan siswa di Indonesia. Casio ternyata telah mencermati pergerakan IGI dalam 6 bulan terakhir. IGI Bergerak bak meteor, IGI bahkan hadir dilubuk hati guru Indonesia kata mereka. 
Bahkan, ketika saya menyampaikan bahwa anggota IGI tak sebanyak saudara tua IGI, mereka tak bergeming, mereka tetap yakin bahwa IGI jauh lebih dapat dipercaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia.
“Kami sudah mengamati IGI, kami bahkan sudah berbicara serius dengan salah satu lembaga bentukan pemerintah tapi melihat pergerakan IGI, kami terpaksa harus berpaling ke IGI karena kami yakin, apa yang kami lihat hari ini akan jauh lebih kuat lagi di masa depan. IGI ditangan Pak Ramli memang jauh berbeda, bahkan jauh berbeda dengan organisasi manapun” kata ibu Mutia, Manager Casio di Indonesia.

Dalam pembahasan lebih lanjut, Casio siap membantu IGI meningkatkan kemampuan guru terutama guru Matematika dan Sains (terutama Fisika). Dan Casio meminta IGI menjadi partnernya.
Tahap awal IGI akan diberikan dana pelatihan dan seminar untuk menyelenggarakan 18 Kegiatan dalam periode November hingga Maret 2016. 
Tahap kedua, Casio siap membiayai TOT Pembelajaran Matematika dan Sains untuk 50 Guru Matematika dan Sains Terbaik di Indonesia untuk dipersiapkan menjadi pelatih di seluruh pelosok tanah air. Seluruh biaya baik tiket, akomodasi maupun konsumsi disediakan casio.
Tahap ketiga adalah seminar dan pelatihan guru di 516 kabupaten/kota di Indonesia. Seminar dan diklat ini diutamakan kepada guru-guru Matematika dan Sains (prioritas fisika). Casio bahkan menyiapkan total anggaran Rp.3,5 Milyar untuk peningkatan mutu guru lewat IGI.
Bagi pengurus IGI didaerah yang ingin menyelenggarakan kegiatan itu segera, cukup mengirimkan proposal ke Abdul Karim, Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru PP IGI di email thinklogic2003@gmail.com dan cc ke Ketua wilayah masing-masing serta ke mrr@igi.or.id untuk mendapat persetujuan. Tiket Pesawat dan Honor Pelatih ditanggung Pengurus Pusat, bahkan Pengurus Pusat juga akan memberikan dana pelatihan meskipun jumlahnya tidak begitu besar.

Ayo kita terus bergerak maju, kita buktikan bahwa TANPA MENARIK IURAN ANGGOTA, TANPA PUNGLI KE GURU, Ikatan Guru Indonesia mampu berbuat jauh lebih baik dalam meningkatkan kompetensi guru Indonesia

Jakarta 19 Oktober 2016
Muhammad Ramli Rahim

Ketua Umum Pengurus Pusat

Ikatan Guru Indonesia.

#IGI #IkatanGuruIndonesia#MRR

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here