Guru Banten Dan DKI Bersama IGI Pandeglang Tingkatkan Kompetensi

0
382

Dede Wahdiati (Guru SMKN 9 Pandeglang)

Hari Minggu tanggal 15 Januari 2017 IGI Pandeglang kembali melaksanakan kegiatan workshop Media Pembelajaran Interaktif (MPI) di SMKN 2 Pandeglang. Kegiatan ini diihadiri 106 peserta, yang terdiri dari guru-guru Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Tangerang Raya, dan Jakarta Selatan. Terlihat antusias sekali guru-guru yang hadir dalam acara workshop tersebut, dilihat dari jumlah peserta yang melebihi dari target peserta, hal ini menunjukkan bahwa guru-guru Pandeglang khususnya dan guru-guru Indonesia pada umumnya sangat haus akan ilmu, dengan mereka selalu siap untuk meningkatkan kompetensinya. Kompetensi guru yang harus ditingkatkan sesuai dengan program pemerintah sejalan dengan program yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Pada workshop ini hadir Ketua IGI Pandeglang Neli Fori Karliana, Ketua Wilayah Banten Tb, Saiful Bahri, Ketua Umum IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Drs. H. Salman Sunardi, M.Pd yang sekaligus membuka acara workshop Media Pembelajaran Ineraktitf tersebut.

Ketua IGI Pandeglang Neli Fori Karliana mengatakan bahwa workshop Media Pembelajaran Interaktif ini diselenggarakan atas kerjasama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Pandeglang dengan Samsung dan Casio. Pemateri yang akan menyampaikan materi media pembelajaran interaktif Dahli Ahmad, M.Pd, guru dari Kabupaten Bekasi yang merupakan Pengurus IGI Pusat. Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik dibidang informasi dan teknologi untuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Dengan workshop MPI ini diharapkan materi pembelajaran yang dapat diseragamkan dengan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antara tenaga pendidik dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi antara peserta didik dimanapun berada, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan media akan terjadinya komunikasi dua arah secara aktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga dengan media pembelajaran tujuan belajar akan lebih tercapai secara maksimal, meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik, dengan media pembelajaran interaktif proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan dapat menumbuh kembangkan sikap positif peserta didik terhadap materi dan proses belajar.

Ketua Umum IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim (MRR) hadir sebagai keynote speaker dalam kegiatan IGI Pandeglang “Workshop Media Pembelajaran Interaktif (MPI)”, menyampaikan bahwa perkembangan IGI sangat baik di seluruh Indonesia, dengan banyak kegiatan pelatihan atau workshop yang dilaksanakam IGI khususnya Pandeglang pertumbuhan keanggotaan IGI Pandeglang cukup pesat, dan IGI Pusat mengapresiasi setiap Kegiatan yang dilaksanakan IGI di seluruh IGI wilayah dan Daerah se Indonesia, bahkan tanpa disadari dari beberapa kegiatan IGI di Wilayah Banten MRR selalu hadir di dua daerah yaitu IGI Pandeglang dan IGI Cilegon. IGI mengharapkan disetiap kegiatan pembelajaran semua guru yang ada di Indonesia umunya dan Pandeglang khususnya dapat mengoptimalkan penggunaan samsung galaxi A8 dikelas sebagai media pembelajaran. Aplikasi Samsung Galaxi A8 S-Pen sangat sarat aplikasi yang mendukung terhadap media pembelajaran guru. A8 dapat dipergunakan untuk pengganti white board dan spidol dengan menggunakan aplikasi snote, kita bisa memindahakan gambar, menampilkan di dua layar, kita bisa membuat tulisan dengan mulut dan membaca dengan telinga atau lebih dikenal dengan Menemu Baling dan aplikasi lainnya. MRR Juga menyampaikan bahwa program IGI dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sangatlah banyak, diantaranya Sagusaku (satu guru satu buku), sagusamic (satu guru satu comic), sagusanov (satu guru satu inovasi), sagusablog (satu guru satu blog), sagusampi (satuguru satu media pembelajaran inetraktif), sagusandra (satu guru satu animasi drawing), dan lainnya.

Kadis pandeglang Drs. H. Salman Sunardi, M.Pd mengatakan dalam menyampaikan pembelajaran di kelas bahwa proses itu sangat penting disampaikan kepada siswa dan diharapkan guru dalam mengajar dikelas jangan instan tetapi harus diinformasikan mengenai prosesnya, sehingga dengan adanya kekuatan kekuatan yang dimiliki kita bisa melakukan yang terbaik. Ada dua unsur yang harus diperhatikan dimana guru itu harus inovatif, sedangkan siswa harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik. Keterkaitan untuk proses pembelajaran Kadisdik Kabupaten Pandeglang menitipkan pada smua guru yang hadir jangan memberlakukan proses pembelajaran secara instan. Indikator kita mengetahui bahwa kita sukses atau berhasil dalam mengajar itu kata kuncinya adalah siswa bisa mendesiminasikan proses belajar mengajar. Sikap pengetahuan dan keterampilan bisa terpenuhi. Drs. H. Salman Sunardi, M.Pd sangat mengapresisasi pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu atau hari libur hal ini menunjukkan guru tidak pernah berhenti belajar.

Dalam pelaksanaan Kegiatan IGI di Kabupaten Pandeglang disambut baik oleh seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Dan banyak peserta yang belum menjadi anggota IGI dengan melihat dan mengikuti kegiatan IGI mereka tertarik terhadap IGI dan mendaftarkan diri menjadi anggota IGI Daerah Pandeglang. Bahkan ada beberapa sekolah di Pandeglang ingin mengundang IGI untuk sosialisasi di seklah tersebut.

Di akhir acara kegiatan Workshop Media Pembelajaran Interaktif ditutup dengan kata sambutan dari Ketua IGI Wilayah, Tb. Saeful Bahri mengatakan bahwa banyak kegiatan IGI yang dapat diikuti oleh guru-guru dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, guru harus lebih canggih dari anak didiknya dalam hal teknologi informasi, guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas, sehingga peserta didik dapat menjadi output yang kompeten. Tb. Saiful bahri mengapresiasi terhadap seluruh peserta yang hadir, peserta dari luar Pandeglang yang hadir dalam kegiatan ini. Dan inilah IGI kebersamaan selalu terjalin antar sesama anggota IGI walaupun bukan satu daerah atau satu wilayah yang sama. IGI Pandeglang dan IGI Wilayah mengucapkkan terimakasih kepada pengurus IGI DKI (Ketua IGI DKI Iwan Ridwan, Sekretaris Yully Rachmawaty, Syaripudin, Badrun Fuady dan Danang Hidayatullah), merupakan kehormatan bagi kami, pengurus IGI DKI dapat berkunjung dalam kegiatan IGI Pandeglang yang merupakan bagian dari IGI Wilayah Banten. Tb. Saiful Bahri mengucapkan terimakasih kepada pihak SMKN 2 Pandeglang yang sudah membantu terlaksananya kegiatan ini.

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here