GURU ANTUSIAS IKUTI DIKLAT BERSAMA IGI DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

0
215

Luar biasa ternyata minat guru di kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung dalam mengikuti kegiatan diklat bersama IGI di daerah ini. Hal ini nampak dari banyaknya peminat dan pendaftar namun tidak tertampung oleh panitia dikarenakan kapasitas ruangan dan juga fasilitas pendukungnya, sehingga dengan terpaksa sebagian mereka harus antri menunggu diklat tahap berikutnya yang perlu direncanakan lebih matang. Beberapa komentar dan alasan mengapa mereka berkeinginan mengikuti kegiatan ini antara lain:

Pertama, mereka merasa jarang mengikuti kegiatan diklat yang diadakan pemerintah ataupun forum tertentu sehingga kalau menunggu terus tanpa berupaya secara aktif sendiri rasanya akan tertinggal diri dan tertinggal teknologi.

Kedua, mereka terheran-heran mengapa diklat bisa dilakukan dengan tanpa biaya, karena diklat yang dilakukan IGI sangatlah sederhana dengan konsumsi makan yang dibawa oleh masing masing peserta dengan membontot bawa bekal dari rumah dimakan bersama sama, sehingga ada keakraban baru diantara mereka ,”ini sungguh luar biasa “, kata mereka.

Ketiga, mereka merasa terlalu lama tidak mengupdate diri dan berkumpul dengan guru lain. Karena kurang bersosialisasi diantara guru guru, apalagi berkumpul jadi satu antara berbagai guru yang berbeda jenjang dari SD, SMP, sampai SLTA.

Keempat, diklat yang dilakukan IGI Tulang Bawang Barat ini sudah cukup lengkap, dengan disiapkan buku panduan diklat yang sudah tersususn rapi dari mulai tujuan sampai penjadwalan yang terencana dengan total waktu yang terakumulasi selama 32 jam dalam 2 hari tatap muka dan dilanjutkan penugasan On line untuk mengetahui hasil yang dicapainya selama 12 jam, bahkan tutor yang berasal dari Pengurus Intern IGI Kabupaten Tulang Bawang Barat nampak kompak bergerak semua ikut berkontribusi menyampaikan materi dan pengalamanya mengikuti organisasi IGI ini.

Kelima, buku tambahan sebagai Penunjang belajar pun sudah di siapkan oleh Tutor, yang sudah di cetak ber ISBN , dengan dijual secara sukarela kepada peserta yang berminat, sehingga mereka tidak kesulitan dalam memahami materi yang tersampaikan dalam diklat ini.

Memang peserta diklat saat ini berbeda dari sebelumnya yang didominasi oleh guru guru SLTA, namun pada diklat IGI saat ini, terjalin silaturahmi dari guru berbagai tingkat dan daerah yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat bahkan dari kampong terdalam, dengan dorongan juga dari generasi muda yang tergabung dalam guru “Indonesia Cerdas” yang berasal dari luar daerah yang di tugaskan di kabupaten ini. Diklat penilaian dengan android dengan judul “ menilai Hasil Belajar dengan Cepat Tepat dan Akurat “ ini memang tidak hanya untuk guru tertentu , namun bisa di ikuti oleh siapapun yang akan melakukan penilaian , baik dari tingkat, mata pelajaran ataupun jenjang pendidikan berbeda. Syaratnyapun cukup mudah asalkan mereka sudah punya android dengan quota internetnya. Ini hanya sebagian kecil ilmu yang ada di IGI Indonesia , karena IGI Indonesia sudah mempunyai Kanal kanal pelatihan dengan pelatih pelatih yang handal, namun karena keterbatasan informasi banyak guru yang hanya tercengan ketika dikenalkan dengan informasi informasi tentang IGI. Mereka hanya berharap semoga ada pelatihan pelatihan yang lain. Sampai jumpa di diklat selanjutnya….

Comments

comments