GGD Sintang Hasilkan RATUSAN Komik Inspiratif

0
303

Bertempat di Gedung Cadika Sintang rangkaian kegiatan Workshop bagi Guru Garis Depan diberikan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sintang. Workshop yang didukung dan difasilitasi oleh BKPSDM Kab. Sintang tersebut merupakan rangkaian kegiatan tambahan pada hari libur Diklat Prajabatan bagi GGD Sintang.

Kegiatan workshop yang rencananya dilaksanakan sebanyak tujuh angkatan Diklat Prajabatan telah dilaksanakan sebanyak lima kali. Dimana untuk angkatan 1, 3, 4, dan 5 dilaksanakan workshop SAGUSAMIK (Satu Guru Satu Komik) dan khusus angkatan 2 dilaksanakan workshop SAGUSAPIJAR (Satu Guru Satu Metode Permainan dalam Belajar).

Satu hal yang spesial adalah trainer-trainer pada workshop tersebut merupakan pengurus IGI Kab. Sintang yang juga sebagai peserta diklat prajabatan. Ini menunjukkan bahwa guru-guru yang ditugaskan di daerah 3T ini juga memiliki kompetensi untuk dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T.

Pada workshop SAGUSAMIK peserta dibimbing untuk dapat menghasilkan komik kreatif yang nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran maupun sebagai pendukung kegiatan literasi di sekolah tempat GGD bertugas.Kegiatan dilaksanakan dengan pola satu hari tatap muka dan tiga hari secara daring, peserta workshop selanjutnya mengirim tugas secara online pada form yang telah disediakan oleh trainer.

Selain mendapat dukungan dari Kabid Diklat dan Prajabatan BKPSDM Kab. Sintang bapak Herkolanus, S.Psi, M.Si, kegiatan ini juga mendapatkan respon positif dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Sintang bapak Yustinus J, S.Pd, M.A.P yang turut hadir pada workshop untuk angkatan 5. Dalam sambutannya beliau mendorong agar IGI dan GGD dapat memberikan virus positif berupa inovasi pembelajaran khususnya di daerah 3T.

Komik karya Guru Garis Depan Kab. Sintang sebagian dapat dilihat di https://nurlyanto.wordpress.com/ sedangkan untuk versi ebook dapat diunduh di https://drive.google.com/file/d/18w15DAnrcjIl8uEmi52ZAooiXTKl-3eC/view?usp=sharing

Majulah IGI dan Jayalah IGI, salam pergerakan pendidikan!

Nurlyanto, S.Pd., Gr
Ketua IGI Kab. Sintang

Comments

comments