BASMAN TOMPO, GURU CERDAS DAN RAJIN BERBAGI ITU TELAH TIADA

0
89

BASMAN TOMPO, GURU CERDAS DAN RAJIN BERBAGI ITU TELAH TIADA

Kehadiran IGI yang lahir dari bawah, tumbuh karena keinginan guru, lahir bukan karena dilahirkan telah menarik minat begitu banyak guru-guru hebat yang selama ini seperti permata di dasar lautan. Istilahnya sehebat-hebatnya guru, tak akan mampu mengalahkan dosen apalagi dosen besar (baca : guru besar)

Basman Tompo sebenarnya tak terdeteksi radar saya selama 7 tahun memimpin IGI Sulsel. Karakter IGI saat itupun mungkin belum menarik minat beliau. Hingga suatu ketika seseorang menyodorkan namanya ke saya untuk diangkat menjadi ketua IGMP Fisika pusat.

Ternyata setelah saya menjabat Ketum IGI Pusat, Basman Tompo telah bergabung dengan IGI, beliau datang untuk belajar dan sekaligus berbagi. Melihat gelarnya, saya pun yakin, dalam hati saya, tak banyak guru yang bergelar Doktor tapi Basman Tompo ini telah bergelar doktor dalam usia yang menurut saya belum begitu berumur. Dalam perjalanannya, Basman Tompo menginisiasi sebuah Kanal Khusus atau jenis pelatihan IGI yang siap dilatihkan secara Nasional, Basman Tompo mendirikan Kanal Pelatiah IGI bernama Sagusabot atau satu guru satu bot berbasis aplikasi telegram.

Telegram yang selama ini digunakan sebagai aplikasi biasa layaknya WA kemudian menjadi aplikasi yang bukan hanya bisa digunakan berkomunikasi para milenial tapi juga bisa digunakan dalam mengefektifkan pembelajaran di ruang kelas. Ketulusannya membuat beliau mendirikan kelas online berbagi dengan siapapun tanpa harus mendapat bayaran, ribuan sudah murid-murid beliau yang tak lain adalah guru seprofesinya.

Beberapa kali beliau melatihkannya secara langsung dalam diklat tatap muka atau diluar jaringan. Begitu bersemangatnya beliau, termasuk ketika kami mempersiapkan TOC (Training Of Coach) Mat Fis untuk menemukan cara kreatif dan inovatif dalam pembelajaran agar dapat mengubah Mat Fis yang menakutkan menjadi menyenangkan.

Namun ketika seleksi melalui Vicon dimulai beliau tidak aktif dan beliau terbaring sakit di rumah sakit. Sakit beliau terus berlanjut dan akhirnya hari ini kami mendapat kabar duka. Dr. Basmin Tompo, S.Pd, M.Pd telah tiada beliau telah dipanggil Allah, SWT dengan berbagai titipan ilmunya kepada kawan-kawan Guru Se Indonesia. Wafat di RS Bayangkara Makassar hari ini, 4 Agustus 2018. Baru saja beliau mendapat ruang dan kesempatan berbagi ilmunya buat sesama guru, Allah sudah memanggilnya. Insya Allah namamu harum dikalangan kawan-kawan guru kanda Basman, banyak sudah yang menjadi muridmu bahkan banyak yang mendapat ilmu darimu tanpa pernah bertatap muka. Itulah amal jariyah yang semoga kelak engkau nikmati di akhirat.

Makassar, 4 Agustus 2018
Muhammad Ramli Rahim
Ketua Umum Pengurus Pusat
Ikatan Guru Indonesia

Comments

comments