Apa itu P4TK, Berikut Penjelasannya

0
33

MAKASSAR, IGI – Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mengungkapkan P4TK sebaiknya disebar di seluruh provinsi se Indonesia, agar pelatihan guru dapat berjalan maksimal.

“Sebaiknya, P4TK disebar di semua provinsi, karena P4TK semua ada di Pulau Jawa hanya ada dua provinsi lain,”ujar Ramli Rahim dihadapan Dirjen GTK Sri Renani Pantjastuti saat menjadi narasumber di Kompas TV.

Guru didaerah sangat ingin berubah, hanya saja media untuk itu kurang. Makanya salah satu usulan IGI ialah P4TK itu disebar agar pemerataan pelatihan dapat dirasakan setiap guru di semua provinsi.

“Saya malah berpikir P4TK dan LPMP harusnya di utuhkan, supaya pelatihan-pelatihan untuk guru itu tersebar di setiap provinsi dan penjamin mutunya tak perlu terlalu banyak. Nah, ini yang kita dorong untuk bisa menghindari terjadinya kekerasan terhadap guru atau guru melakukan kekerasan, ini dua-duanya bisa terjadi,”ungkapnya.

Apa itu P4TK ?

Dilansir Wikipedia, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat P4TK adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, unit ini memiliki tugas utama melaksanakan program yang berkaitan dengan pengembangan dan pemberdayaan tenaga guru dengan tujuan untuk menciptakan tenaga pendidik yang lebih profesional dari waktu ke waktu.

Unit ini dahulu diberi nama Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (disingkat PPPG). Pada Tahun 2009 diresmikan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (disingkat LPPKS) di Solo, yang kemudian disusul pembentukan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (disingkat LPPPTK KPTK) di Gowa, Sulawesi Selatan.

LPPPTK KPTK, LPPKS, dan PPPPTK seluruh Indonesia berdasarkan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, yang mana sebelumnya disebut sebagai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).

Berikut ini adalah daftar LPPPTK-KPTK, LPPKS, dan PPPPTK di Indonesia:

LPPPTK KPTK, beralamatkan di Jalan Diklat No. 30 Ds. Tambung Batu, Kel. Pacellekang, Kec. Pattallassang, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan 92171.

LPPKS, beralamatkan di KP. Dadapan RT 06/07, Ds Jatikuwung Gondangrejo Karanganyar, Jawa Tengah-Indonesia

PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik, beralamatkan di Jalan Setiabudi No. 75, Helvetia, Medan

PPPPTK Bidang Bahasa, beralamatkan di Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan

PPPPTK Bidang Bisnis dan Pariwisata, beralamatkan di Jalan Raya Parung Bojongsari Km. 22/23, Sawangan, Depok

PPPPTK Bidang Penjas dan Bimbingan Konseling, beralamatkan di Jalan Raya Parung No. 420 Km. 39, Lebakwangi, Bogor

PPPPTK Bidang Pertanian, beralamatkan di Jalan Jangari Km. 14 Desa Sukajadi, Kec. Karangtengah, Cianjur

PPPPTK Bidang IPA, beralamatkan di Jalan Diponegoro No. 12, Bandung

PPPPTK Bidang Mesin dan Tehnik Industri, beralamatkan di Jalan Pesantren Km. 2 Cimahi, Bandung

PPPPTK Bidang TK dan PLB, beralamatkan di Jalan DR. Ciptomangunkusumo No. 9, Bandung,

PPPPTK Bidang Seni dan Budaya, beralamatkan di Jalan Kaliurang Km. 12,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

PPPPTK Bidang Matematika, beralamatkan di Jalan Kaliurang Km. 6 Sambisari, Condongcatur Depok, Sleman, Yogyakarta

PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika, beralamatkan di Jalan Teluk Mandar Arjosari, Malang

PPPPTK Bidang PKn dan IPS, beralamatkan di Jalan Raya Arhanud, Desa Pendem, Kec. Junrejo, Kota Batu.

Comments

comments