Antusiasme Guru Tanah Bumbu Belajar Menulis Artikel

0
203

Menyongsong hari Pendidikan Nasional yang tepat jatuh pada 2 Mei, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan mengadakan Workshop Literasi Produktif yaitu Teknik Penulisan Artikel pada hari Sabtu tanggal 29 April 2017. Bertempat di aula SMKN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, para peserta workshop terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari Bapak Desi Imam Harmika selaku narasumber dari IGI. Workshop ini dibuka langsung oleh Kabid Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu Bapak Drs. H. Abdul Zabir yang dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan yang di adakan IGI ini. Selain itu hadir pula Bapak Ropingi,S.Pd selaku ketua IGI Kabupaten Tanah Bumbu yang dalam sambutannya menyatakan sangat senang dengan antusiasme peserta akan kegiatan workshop literasi produktif ini.

Mengusung Tema “Dengan Literasi Produktif Kita Bangun Penguatan Karakter Guru” Peserta kegiatan workshop ini sebanyak 54 orang dengan berbagai tingkatan sekolah, mulai dari guru TK, SD, SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Tanah Bumbu, dimana mereka saling berbaur dan bertukar informasi mengenai teknik menulis artikel, sehingga terasa sekali suasana penuh keakraban. Setiap peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya didepan peserta lain untuk diberi tanggapan dan masukan baik dari pembimbing dan peserta lainnya, dan terlihat sekali bagaimana para guru yang awalnya kesulitan dalam menuangkan pemikirannya dalam sebuah tulisan kini bahkan bisa dengan percaya diri memaparkan hasil kerjanya didepan seluruh peserta.

Peserta kegiatan workshop akan mendapatkan sertifikat dari panitia dengan syarat mengumpulkan terlebih dahulu hasil dari kegiatan ini berupa artikel, dan hasil dari karya tulis mereka akan dikirimkan kepada Panitia IGI dan selanjutnya akan diteruskan ke koran daearah untuk ditebitkan. IGI kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Koran Radar Banjarmasin untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru anggota IGI untuk dapat menerbitkan karya tulis mereka.

Comments

comments