40 TAHUN ITU ADALAH TAHUN DIMANA MUHAMMAD DIANGKAT JADI RASUL

0
97

Tanggal 23 Mei 1978, katanya 40 Tahun yang lalu seorang anak dilahirkan di sebuah kampung kecil bernama Robo, Dusun Bengo, Desa Limampoccoe, Kabupaten Maros. Mengapa katanya, karena menurut cerita, tanggal itu ditetapkan nenek saya yang jadi kepala sekolah TK saat saya harus menerima Ijasah TK.

Sama seperti bayi lainnya, tak banyak cerita yang teringat, tapi menurut ibu saya, saya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka mencoba sesuatu, karena itu,saat balita, saya terjatuh dari rumah panggung ke permukaan tanah. Saking tingginya rasa ingin tahu, menurut ibu saya, saya sempat mencelupkan tangan ke spiritus lalu mencoloknya ke pelita, bekasnya pun masih ada hingga kini, ujung telunjuk kanan saya sedikit bengkok.

Belum tamat TK dan belum cukup umur, bapak saya sudah mengantar saya ke SD dan keesokan harinya, nenek saya yang kepala TK mengambil saya di SD dan mengembalikan ke TK, memang saat itu umur saya baru 5 tahun.

Tapi apapun itu, mau tanggal itu benar atau salah, kini usia saya telah mencapai 40 tahun, lalu apa yang berbeda?

Dulu ketika kuliah, saya bercita-cita “PENSIUN” diusia 45 tahun. Pensiun dalam artian, tak lagi sibuk dengan urusan dunia tetapi lebih fokus pada aktivitas sosial sambil menyiapkan pondasi kokoh buat anak-anak saya menapak masa depannya. Lalu apa hubungannya dengan 40 tahun?

40 tahun adalah umur dimana Muhammad SAW dilantik dan diangkat menjadi Rasul. Mengapa Rasul diangkat pada usia 40 tahun, saya juga kurang paham tetapi Allah pasti punya maksud tertentu sehingga menetapkan angka tersebut.

Menurut para mufassir, usia 40 tahun merupakan usia dimana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosional, karya, maupun spiritualnya. Orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan beralih menapaki usia dewasa penuh. Apa yang dialami pada usia ini sifatnya stabil, mapan, kokoh. Perilaku di usia ini akan menjadi barometer pada langkah usia selanjutnya.

Umur 40 tahun adalah umur dimana seseorang harus berpikir lebih panjang lagi. Dia berada pada persimpangan jalan terakhir. Jika dia salah pilih jalan pada saat dia berumur 40 tahun maka sulit untuk dia kembali pada jalan yang benar. Itu kata salah seorang ulama.

Usia 40 tahun membuat saya harus lebih fokus pada tujuan hidup dan mempersiapkan diri untuk pensiun 5 tahun kemudian.

Terima kasih banyak atas doa dan ucapan selamat kawan-kawan semuanya, semoga Allah mengabulkannya dan saya pun mendoakan kebaikan dan berkah hidup buat semuanya.

23 Mei 1978 – 23 Mei 2018

Muhammad Ramli Rahim

#Ranu Corp

#Ranu Harapan Islamic School (Paud-TK-SMP)

#Ikatan Guru Indonesia

Comments

comments