Klinik Guru Menulis
20 Aug 2011 | 1
Membangun Kerangka Karangan: Bagaimana Saya Menulis Buku Writing Toolbox (6)
Oleh Hernowo

 

Metode "outlining"

Outlining jelas sangat berbeda dengan mindmapping. Menurut Michael J. Gelb, yang bersama-sama Tony Buzan mengembangkan mindmapping, outlining hanya memanfaatkan belahan otak kiri sementara mindmapping memanfaatkan dua belahan otak--kiri dan kanan sekaligus.

Metode outlining dalam kegiatan menulis merupakan metode yang membuat seorang penulis dapat mengetahui langkah-langkah apa saja, secara sistematis, yang dapat diikuti untuk membuat sebuah tulisan atau buku. Outlining adalah metode untuk membangun "kerangka karangan".

Dalam sebuah buku, "kerangka karangan" itu nanti akan disempurnakan menjadi sebuah petunjuk komprehensif tentang apa saja isi buku berikut petunjuk halamannya yang ada di buku tersebut. "Kerangka karangan" nantinya akan diletakkan di halaman-halaman awal dan biasa diterjemahkan menjadi "Daftar Isi".

Tidak ada masalah sebenarnya dengan outlining atau "kerangka karangan". Hanya, bagi yang telah mengenal mindmapping atau pemetaan pikiran, oulining ini seperti belum sempurna atau malah kadang mengganggu kegiatan penulisan. Outlining memang memberi panduan sistematis, namun itu sebatas "kerangka" bukan isi (content).


 
Metode "mindmapping"

Apalagi jika yang disebut "isi" atau "daging" sebuah tulisan itu perlu dirangkai dan dicari kaitan-kaitannya. Outlining tidak mampu memberikan atau menunjukkan kaitan antara "isi" yang satu dengan "isi" yang lain. Ini berbeda dengan mindmapping. Di samping dapat membuka pikiran, mindmapping menyimpan semacam peta gagasan yang bisa menunjukkan kesalingterkaitan beberapa gagasan.

Pertama, mindmapping bersifat visual sekaligus tekstual. Kedua, mindmapping menunjukkan membantu seorang penulis melihat kaitan antargagasan secara visual. Dan ketiga, ini yang sangat penting, berbeda dengan outlining, mindmapping memandu seorang penulis secara acak--bisa menulis dari mana saja, tidak harus urut.

Dahulu, saya menulis dengan menggunakan metode outlining. Setelah mengenal dan berlatih menggunakan mindmapping berkali-kali, saya mulai merasakan efek dahsyat mindmapping dalam membuka pikiran saya dan bagaimana kebebasan menulis (dari mana memulai dan dari mana mengakhiri) mulai saya rasakan.

 
Setelah keasyikan menggunakan mindmapping, saya tidak merasakan bahwa outlining lantas tidak bisa saya pakai. Saya kadang tetap memakai outlining, tentu setelah saya membuka pikiran terlebih dahulu dengan mindmapping. Ketika merencanakan membuat buku Writing Toolbox, saya menggabungkan dua metode ini: menggunakan baik outlining maupun mindmapping.


Kini, selain sudah memiliki peta gagasan tentang buku ke-36, saya pun sudah merampungkan "kerangka karangan" buku tersebut. Bahkan, selain sudah merampungkan pengantar, pembuka, tentang diri saya--khususnya materi untuk halaman-halaman awal (front pages)--saya juga sudah siap dengan "Isi Buku".[]


Komentar WooxyRetCox | 15 Mar 2013 06:07 am
AyoVyoAowHvf <a href="http://adidas73.webnode.jp/">;アディダス スニーカー</a>WjwCutLhvJlk <a href="http://adidas353.webnode.jp/">;アディダス スニーカー</a> XzyCzfEmiWjn <a href="http://adidas31.webnode.jp/">;アディダス スニーカー</a> AnaCnhJryMmd <a href="http://adidas76.webnode.jp/">adidas スニーカーイキ</a>KxyJfnDtjEar <a href="http://adidas2459.webnode.jp/">;アディダス</a>NquTflDjcSig <a href="http://nikemenshoes.blog.fc2.com/">;シューズナイキ</a>
BdaBnyVhySpl <a href="http://xn--ecks9fz911c.seesaa.net/">nike シューズ</a>
XuuTmqDboFir <a href="http://nikeshoes45765.seesaa.net/">nike free</a>
Telkom Indonesia
Tabloid KGI
21 Jan 2011 | dibaca 15

igimedia-1.zip 6.3Mb Jumlah download: 1751
GALERI
01 Apr 2014 | dibaca 1

Rabu, 26 Maret IGI Cabang Aceh Timur resmi di lantik. Acara yang dibarengkan dengan seminar tentang "Best Practise Guru" ini berlangsung meriah. Bertempat di aula SMKN 1 Peureulak, Aceh Timur.
DAFTAR MAILING LIST
Subscribe to ikatanguruindonesia

Powered by us.groups.yahoo.com