Konsultasi Umum
26 Feb 2008 | 0
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk IPS Terpadu

Pertanyaan:
bagaimana teknik penulisan penelitian tindakan kelas tuk ips terpadu
(Dewata, Sumbar, dewata_0102@yahoo.com)


Jawaban Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
:

Kepada Yth Dewata,

PTK adalah suatu pendekatan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran materi pelajaran apa saja termasuk IPS terpadu maupun tidak terpadu. Teknik penulisannya sama dengan teknik umum penulisan penelitian PTK. Misalkan pada latar belakang harus tergambar masalah nyata yang dihadapi dan merupakan refleksi bapak/ibu guru. Contoh selama ini ketika menggunakan IPS yang terpisah-pisah siswa tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah sosial yang memerlukan pemikiran kritis, diskusi tidak aktif dimonopoli beberapa siswa, tidak ada/jarang pertanyaan, materi hanya dihafal sehingga tidak dapat mengembangkan pemikiran yang meninjau dari berbagai sudut pandang.

Tunjukkan bukti nyata atau data kesimpulan bapak ibu, misalkan nilai diskusi atau penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah sosial semester lalu hanya 13% yang mendapat nilai A. Kemudian refleksikan, mengapa itu terjadi? Contoh selama ini lebih banyak mengajar dengan ceramah, menuntut siswa menghafal bukan berpikir, jarang berdiskusi dan menyelesaikan masalah yang memerlukan pemikiran (masalah nyata yang kompleks), pandangan siswa yang salah bahwa IPS mesti menghafal, pembelajaran di kelas tidak memperhatikan masalah sosial, pengajaran hanya mencatat dan menghafal, materi ips terpisah-pisah tidak terpadu dan satu materi dibahas, misalkan perjuangan bangsa, bisa dibahas pada mata pelajaran rumpun ips lainnya (ppkn, sejarah), sumber materi hanya dari buku pelajaran bukan sumber lain seperti internet atau pelaku sosial.

Kondisi ini memerlukan pemecahan bisa dari sudut pandang materi, pengelolaan pembelajaran, sarana prasarana, atau siswa sebagai pembelajar. Jika memfokuskan pada materi, bisa dengan IPS terpadu sebagai pemecahan dengan alasan tertentu. Misalkan dengan ips terpadu, materi yang dibahas efisien dan mendorong siswa menyelesaikan masalah dari berbagai sudut pandang. Jika memfokuskan pada pengelolaan pembelajaran, bisa dipilih mengajar dengan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual. Jika memfokuskan pada sarana prasarana, bisa membuat suatu media interaktif (CD-CD pembelajaran atau presentasi dengan powerpoint). Jika memfokuskan pada perilaku siswa, bisa memperhatikan motivasi siswa dalam belajar IPS. Memilih mana fokus tersebut tergantung keinginan dan keyakinan bapak ibu, informasi-informasi pendukung (seperti referensi yang dimiliki, sarana prasarana yang tersedia), urgensi masalah yang ingin diperbaiki, waktu yang tersedia, dan yang tidak mengganggu kegiatan pembelajaran nantinya.

Jadi intinya dalam PTK, ips terpadu bisa sebagai sarana memecahkan masalah yang dihadapi bapak ibu selama ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
Ketua Jurusan Matematika UNESA, Surabaya

Telkom Indonesia
Tabloid KGI
21 Jan 2011 | dibaca 25

igimedia-1.zip 6.3Mb Jumlah download: 1751
GALERI
01 Apr 2014 | dibaca 18

Rabu, 26 Maret IGI Cabang Aceh Timur resmi di lantik. Acara yang dibarengkan dengan seminar tentang "Best Practise Guru" ini berlangsung meriah. Bertempat di aula SMKN 1 Peureulak, Aceh Timur.
DAFTAR MAILING LIST
Subscribe to ikatanguruindonesia

Powered by us.groups.yahoo.com